Pemkot Bekasi Tiadakan CFD, Warga Tetap Berolahraga di Jalan Ahmad Yani

Tiara Aliya - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 08:06 WIB
Suasana CFD Kota Bekasi yang masih didatangi warga
Suasana CFD Kota Bekasi yang masih didatangi warga. (Tiara/detikcom)
Bekasi -

Pemkot Bekasi resmi meniadakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day. Namun, warga tetap antusias berolahraga di kawasan CFD.

Pantauan detikcom pada Minggu (16/8/2020) pukul 07.30 WIB di Jl. Ahmad Yani, Kota Bekasi, tampak masih banyak warga. Meskipun kegiatan CFD ditiadakan, warga tetap menyambangi kawasan ini untuk berolahraga.

Sejumlah warga datang dengan bersepeda. Meskipun tidak ada traffic cone yang memisahkan antara jalur pesepeda dan kendaraan bermotor, warga tetap tertib gowes pada jalur sebelah kiri beriringan dengan kendaraan bermotor.

Kemudian, dari arah Jl. Ahmad Yani mendekati flyover KH. Nur Ali Summarecon, Bekasi, terlihat kawasan mulai dipadati para pejalan kaki. Mereka datang bersama keluarga ataupun rekannya.

Terlihat pula beberapa warga tak bermasker ketika berolahraga. Serta membawa anak kecil berusia di bawah 9 tahun untuk berolahraga.

Diberitakan sebelumnya, HBKB resmi ditiadakan di Kota Bekasi. Hal ini disebabkan peningkatan kasus konfirmasi positif Corona.

"Terjadinya peningkatan kasus positif," ujar Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi kepada detikcom, Jumat (14/8).

Keputusan itu tertuang dalam surat instruksi Wali Kota Bekasi Nomor 426/1014/Dinas LH tentang Penghentian Car Free Day (CFD) Adaptasi Tatanan Hidup Baru (ATHB) di Kota Bekasi sementara waktu.

Artinya, CFD ditiadakan mulai Minggu (16/8) hingga batas waktu yang belum ditentukan. CFD akan kembali digelar jika kondisi dan perkembangan penyebaran COVID-19 di Bekasi dapat terkendali.

"Kecenderungan peningkatan COVID-19 di Kota Bekasi, terutama munculnya klaster keluarga," ujar Kabag Humas Pemkot Bekasi Sayekti Rubiah dalam keterangannya.

Tonton video 'Tak Ada CFD, Aparat Akan Patroli Cegah Kerumunan':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)