CFD Ditiadakan, Trotoar Sudirman Masih Dipenuhi Warga

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 07:38 WIB
Suasana kawasan Sudirman-Thamrin saar CFD ditiadakan
Suasana kawasan Sudirman-Thamrin saat CFD ditiadakan. (Lukman/detikcom)
Jakarta -

Car free day (CFD) ditiadakan di masa perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi yang keempat kalinya. Namun, kawasan Sudirman-Thamrin masih dipenuhi warga.

Pantauan detikcom, Minggu (16/8/2020) pukul 07.00 WIB, jalur sepeda sementara di Jalan Sudirman, tepatnya depan Mal fX, terlihat ramai. Jalur pop-up sepeda disiapkan berdampingan dengan kendaraan roda empat dan roda dua.

Pesepeda dominan melintas dan kebanyakan berkelompok. Namun, masih ada sejumlah warga yang olahraga dengan berlari di pinggir jalan atau trotoar.

Beberapa titik kerumunan juga masih terlihat di trotoar depan Mal fX Sudirman. Warga yang berkumpul ini kebanyakan para pesepeda yang berisitirahat sambil duduk-duduk.

Semua tampak menggunakan masker meskipun belum menjaga jarak. Masih ada orang tua yang mengajak anak di bawah usia 9 tahun.

Aparat keamanan dari unsur Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP tampak berjaga. Mereka mengatur arus kendaraan agar tidak saling bertabrakan dengan pesepeda dan pelari.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memutuskan memperpanjang masa PSBB transisi dan meniadakan pelaksanaan 32 kawasan khusus pesepeda (KKP). Peniadaan itu dimulai sejak hari ini.

"Pengumuman dari @dkijakarta: Berdasarkan hasil evaluasi dan untuk melindungi masyarakat Jakarta dari penyebaran COVID-19, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta meniadakan pelaksanaan 32 Kawasan Khusus Pesepeda (KKP) di 5 wilayah Kota mulai Minggu (16/8)," tulis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam akun Instagram resminya, @aniesbaswedan, seperti dilihat, Sabtu (15/8/2020).

Aparat gabungan TNI-Polri dan Pemprov DKI Jakarta akan melakukan patroli di ruas Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat (Jakpus). Patroli dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan di jalur tersebut saat car free day ditiadakan.

"Tentu kami bersama-sama Satpol PP, Polri-TNI mengawasi pengawasan di sana. Begitu ada yang melanggar protokol kesehatan nggak pakai masker, rekan-rekan Satpol PP akan melakukan penindakan hukum. Begitu juga kalau ada kerumunan. Kita akan patroli sehingga tidak terjadi kerumunan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Sabtu (15/8).

Tonton video 'Tak Ada CFD, Aparat Akan Patroli Cegah Kerumunan':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)