Round-Up

Heboh Warga Aceh 'Cat' Logo HUT RI Gegara Mirip Simbol Agama

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 05:59 WIB
Screenshot viral video warga cat logo resmi HUT RI ke-75 (dok. Istimewa)
Foto: Screenshot viral video warga cat logo resmi HUT RI ke-75 (dok. Istimewa)
Lhokseumawe -

Video yang menunjukkan warga di Aceh 'mengecat' logo spanduk HUT ke-75 RI karena disebut mirip salib viral di media sosial. Belakangan Pemkot setempat menyatakan spanduk tersebut hanya dilipat.

Dalam video yang viral, Sabtu (15/8/2020), tampak seorang pria mengenakan baju hitam dan bertopi mengecat sebagian logo HUT ke-75 RI dengan cat merah. Pria tersebut mengecat gambar berbentuk garis vertikal serta garis horizontal yang terdapat pada logo.

Pada spanduk yang dicat terdapat logo dan tulisan 'Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Lhokseumawe'. Sejumlah orang tampak melihat aksi pria tersebut mengecat menggunakan kuas.

Pemko Lhokseumawe buka suara atas kejadian ini. Pemko Lhokseumawe mengatakan spanduk itu dilipat sudut-sudutnya saat ada info logo mirip salib.

"Begitu ada info salib, spanduk tersebut langsung dilipat sudutnya dan tidak benar dicoret-coret," kata Kabag Humas Pemko Lhokseumawe Marzuki saat dimintai konfirmasi, Sabtu (15/8).

Untuk diketahui, template desain visual logo HUT ke-75 RI dikeluarkan pemerintah pusat. Pihak Istana Kepresidenan menegaskan desain logo HUT ke-75 RI tidak merepresentasikan simbol agama tertentu. Artinya, tidak ada simbol yang merujuk ke salib atau agama lainnya.

"Tidak ada simbol agama tertentu pada logo HUT ke-75 RI," kata Jubir Presiden Fadjroel Rachman lewat pesan singkat, Sabtu (15/8).

Lantas, apa makna logo HUT ke-75 RI versi pemerintah?

Tonton video 'Rumah Djiaw Kie Siong, Saksi Bisu Perumusan Naskah Proklamasi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3