Round-Up

Kabar Baik Klaster Secapa AD yang Kini Nihil Kasus Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 21:01 WIB
Secapa AD
Gerbang Secapa AD di Bandung, Jawa Barat (Foto: dok. Istimewa)
Bandung -

Kabar baik datang dari klaster Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Jawa Barat, yang kini nihil kasus virus Corona (COVID-19). Awalnya, ada lebih dari seribu orang dinyatakan positif Corona dari klaster Secapa AD.

Awal Mula Kasus Corona di Secapa AD

Awalnya, 1.280 orang dinyatakan positif virus Corona di klaster Secapa AD. Terungkapnya ribuan orang positif itu berawal dari dua prajurit yang mengalami sakit dan berobat ke RS Dustira, Cimahi.

"Satu (prajurit) keluhan karena bisul, demam, karena ada infeksi. Satu lagi, masalah tulang belakang, selanjutnya mereka di-swab dan positif," ujar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa saat mengunjungi Secapa AD pada Sabtu (11/7).

Setelah itu, TNI AD mengirimkan alat rapid test untuk mengetahui kondisi anggota lainnya. Setelah dilakukan rapid test, ternyata ada 187 anggota yang reaktif. Dari sana, lalu dilakukan swab test.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan kronologi terungkapnya 1.280 orang di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) Bandung positif COVID-19. Konferensi pers dilakukan di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Sabtu (11/7/2020).Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa (Wisma Putra/detikcom)

Andika menjelaskan, total anggota staf, termasuk anggota keluarga staf di Secapa AD, yang positif Corona mencapai 1.280 orang. Angka ini kemudian bertambah menjadi 1.308.

Tonton juga 'Kabar Baik! Seluruh Pasien COVID-19 Klaster Secapa AD Sembuh':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2