Doni Monardo: Mungkin Ada Banyak Kejadian Jelang Vaksin Corona Diberikan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 18:06 WIB
Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Doni Monardo
Doni Monardo (Foto: dok. BNPB)
Jakarta -

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo berbicara tentang vaksin virus Corona (COVID-19) yang akan diberikan kepada masyarakat dalam beberapa bulan ke depan. Menurut Doni, mungkin akan ada banyak kejadian jelang pemberian vaksin Corona kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Doni saat menjadi pembicara dalam acara Forum Merdeka Barat 9 dengan tema 'Optimis Bangkit dari Pandemi: Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit' yang disiarkan akun YouTube FMB9ID_IKP, Sabtu (15/8/2020). Doni awalnya bicara soal perlunya perubahan perilaku masyarakat untuk disiplin penanganan virus Corona.

"Hari ini, kami Satgas Penangan COVID-19, sesuai perintah Presiden untuk fokus dalam bidang perubahan perilaku, hanya kalau kita bisa melakukan perubahan perilaku dengan disiplin, disiplin, dan disiplin, serta patuh kepada protokol kesehatan, maka kita akan mampu memutus rantai penularan. Ini menjadi kekuatan kita karena sampai hari ini obat COVID belum ada," kata Doni.

Doni kemudian berbicara tentang vaksin Corona yang akan diberikan kepada masyarakat. Dia menyebut kemungkinan ada banyak kejadian menjelang vaksin Corona diberikan.

"Vaksin pun baru bisa efektif beberapa bulan ke depan, sehingga ada banyak kejadian yang mungkin terjadi menjelang vaksin berhasil diberikan kepada masyarakat," ujar Doni.

Namun Kepala BNPB itu tak menjelaskan kejadian seperti apa menjelang pemberian vaksin Corona. Doni justru kemudian bicara soal perubahan perilaku kembali dan keberhasilan penanganan Corona melalui sosialisasi.

"Kaitan perubahan perilaku ini adalah bagaimana kita menumbuhkan kesadaran kolektif dan peran dari seluruh komponen bangsa, kolaborasi pentahelix berbasis komunitas. Sekitar 63 persen keberhasilan kita dalam menangani COVID adalah di bidang sosialisasi," imbuhnya.

Lihat video 'Doni Monardo: 63% Keberhasilan Tangani Corona dari Sosialisasi':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/dkp)