Pemkot Bandung Ajak Warga Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Sinovac

Wisma Putra - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 13:25 WIB
Simulasi uji klinis vaksin COVID-19 digelar di Kota Bandung. Simulasi uji klinis itu digelar untuk gambarkan alur pemberian vaksin virus Corona tersebut.
Ilustrasi penyuntikan vaksin Corona Sinovac. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Pemkot Bandung mengajak warganya menjadi relawan uji klinis vaksin Corona Sinovac. Sekadar diketahui, hingga saat ini jumlah relawan belum mencapai target 1.620 orang.

"Belum sampai, baru 1.200 sekian lah," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di SMAN 5 Bandung, Sabtu (15/8/2020).

Yana berharap, dengan kehadiran Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Pangdam III Siliwangi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi menjadi relawan uji klinis, akan memberikan keyakinan kepada masyarakat.

"Alhamdulillah pimpinan daerah seperti pak gubernur ikut jadi relawan, mudah-mudahan memberi keyakinan kepada relawan dan volunteer," ucapnya.

Tonton juga 'Jokowi: Vaksin Sinovac Diproduksi-Diberikan ke Warga Januari 2021':

[Gambas:Video 20detik]

Yana mengklaim uji klinis ini aman karena sudah dicoba di China pada tahap satu dan dua. "Uji klinis ini relatif aman karena sudah melewati tahapan uji klinis satu dan dua. Juga, sudah dinyatakan halal oleh MUI, juga BPOM sudah menyatakan layak," ujar Yana.

Rencananya pejabat tinggi di Jabar tersebut melakukan uji klinis 25 Agustus mendatang. "Kalau pejabat, insyaallah tanggal 25 itu pak gubernur, Kapolda dan Pangdam," kata Yana.

(wip/bbn)