Peringati Hari Pramuka Ke-59, Bima Arya Ajak Warga Kembali ke Alam

Faidah Umu Safuroh - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 11:38 WIB
Bogor
Foto: Pemkot Bogor
Jakarta -

Ketua Mabicab Kwarcab Pramuka Kota Bogor Bima Arya mengaku bangga karena keberadaan Pramuka di setiap kegiatan yang bersifat sosial dan kemanusiaan. Selain itu, dia juga berharap, Pramuka tetap berperan aktif di tengah COVID-19.

"Di tengah kondisi saat ini, Pramuka tetap maju berjalan melakukan kegiatan memberikan kontribusi bagi Kota Bogor dan setia merayakan Hari Pramuka," kata Bima Arya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/8/2020).

Saat menjadi pembina upacara Hari Pramuka ke-59 tingkat Kota Bogor di halaman SDN Papandayan, Kota Bogor, Jumat (14/8/2020) itu, Bima Arya berpesan agar tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi ini. Sebab, Pramuka ada di garda terdepan, sehingga harus mawas diri, rutin berolahraga, dan menerapkan protokol kesehatan.

"Saya ingin Pramuka jadi contoh dan panutan bagi warga. Saya ingin melihat Pramuka ambil alih kegiatan yang tidak maksimal dilakukan banyak pihak. Lakukan kampanye protokol kesehatan, jika Pramuka sehat, Pramuka bisa jadi garda terdepan," ucapnya.

Wali Kota Bogor ini menilai Pramuka identik dengan alam. Untuk itu, dirinya mengajak Pramuka menyeru warga agar kembali ke alam.

"Ajak keluarga, kerabat, sahabat untuk beraktivitas di luar, seperti joging, rafting, hiking, dan yang lainnya. Kembali alam adalah kodrat. Alam tidak seimbang maka muncul berbagai virus. Terapi metodenya adalah jaga alam, maka alam akan menjaga kita. Ajak semua kembali ke alam. Ini saatnya kita praktikkan Dasa Dharma dan konsistensi Pramuka sejati," tegasnya.

Peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 tingkat Kota Bogor ini juga diikuti anggota kepanduan dari salah negara di Asia Tenggara, yakni Kapatiran Scout Filipina, secara virtual. Selain itu, ada penyerahan tanda penghargaan orang dewasa dan garuda bagi 9 anggota Gerakan Pramuka Kota Bogor dan diakhiri penandatanganan Prasasti dan Tugu Pramuka di Batu Tulis serta peresmian TV Pramuka Kota Bogor.

(akn/ega)