Ramai-ramai Menepis Mitos Ikan Mas Jumbo Danau Toba Bawa Bencana

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 11:24 WIB
Screenshot video penangkapan ikan mas jumbo di Danau Toba yang viral
Foto: Screenshot YouTube Asenk Lee Saragih Manihuruk
Medan -

Mitos penangkapan ikan mas jumbo di Danau Toba membawa bencana kembali muncul saat erupsi Gunung Sinabung terjadi. Berbagai pihak pun ramai-ramai menepis mitos itu.

Isu liar ini berawal dari video ikan mas berukuran jumbo ditangkap di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), viral usai diunggah salah satu akun YouTube. Ikan mas jumbo itu disebut berbobot 15 kilogram.

Dalam video itu terlihat ada seorang pria yang memancing di pinggiran Danau Toba. Dia terlihat mendapat seekor ikan. Saat ditarik, ikan tersebut rupanya ikan mas jumbo.

Video itu, kata pengunggah, diambil di pemancingan alam Danau Toba di Silalahi, Dairi, Sumut, Jumat (7/8). Butuh waktu 1 jam untuk menarik ikan mas jumbo itu ke atas air.

Kepala BKSDA Sumut Hotmauli Sianturi mengatakan ikan mas bukanlah hewan yang dilindungi, sehingga tak ada larangan menangkap ikan mas. Namun, dia menyarankan ikan mas berukuran besar itu tak ditangkap karena bisa menjadi indukan dan menghasilkan banyak anak ikan.

"Hanya, kalau ada ikan mas sebesar itu, sebaiknya jangan ditangkapi, karena itu bisa menjadi indukan di alam sebagai sumber pemijahan anak-anak ikan," ujar Hotmauli.

Setelah video itu viral, mulai muncul 'cocoklogi' antara penangkapan ikan mas jumbo di Danau Toba dengan bencana, yakni erupsi Gunung Sinabung. Erupsi Gunung Sinabung terjadi pada Sabtu (8/8) setelah sempat 'tidur' selama setahun.

Isu kaitan penangkapan ikan mas jumbo di Danau Toba dengan erupsi Gunung Sinabung ini dimunculkan salah satunya oleh akun Twitter, @_aljzair. Dalam cuitannya, pemilik akun mengaitkan erupsi Gunung Sinabung serta tragedi KM Sinar Bangun di Danau Toba, yang terjadi setelah kemunculan ikan mas jumbo. Dia mempertanyakan apakah kemunculan ikan dan bencana tersebut merupakan suatu di luar nalar manusia.

Hal tersebut pun langsung ditepis oleh Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Armen. Dia memastikan tak ada kaitan antara ditangkapnya ikan mas jumbo di Danau Toba dengan erupsi Sinabung.

"Nggak ada (kaitannya)," kata Armen, Senin (10/8/2020).

Tonton juga 'Detik-detik Gunung Sinabung Erupsi Lagi':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2