Pemprov DKI Diminta Sosialisasi Masif agar Protokol Kesehatan Membudaya

M Ilman Nafi'an - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 09:06 WIB
Gembong Warsono
Ketua F-PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta setiap rumah memiliki kader Satgas Penanganan COVID-19. Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta setuju dengan wacana tersebut.

Ketua F-PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono bahkan mengatakan seharusnya setiap orang menjadi Satgas COVID-19. Dengan bahasa lain, dia berharap setiap warga Jakarta paham terhadap protokol kesehatan untuk memutus mata rantai COVID-19.

"Seharusnya bukan hanya setiap rumah, tapi setiap orang sebagai Satgas COVID-19, minimal mereka sebagai satgas untuk dirinya sendiri," ujar Gembong kepada wartawan, Sabtu (15/8/2020).

Gembong mengatakan Pemprov DKI juga harus melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, sehingga warga lebih mengetahui bagaimana menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

"Maka yang penting harus dilakukan oleh Pemprov DKI saat ini adalah melakukan sosialisasi secara masif kepada semua elemen masyarakat DKI, untuk menjadikan protokol kesehatan sebagai pola hidup dan budaya baru dalam kehidupan keseharian kita," katanya.

Sebelumnya, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) meminta di setiap rumah di Jakarta memiliki satu kader Satgas COVID-19. Menurutnya, apabila dalam unit terkecil, seperti rumah, sudah disiplin, penerapan protokol kesehatan juga akan dijalankan ketika berada di tempat lain.

"Kita minta setiap rumah tunjuk satu orang sebagai kader COVID-19 atau sebagai satgas atau sebagai apa pun yang tugasnya memastikan anggota keluarga memahami-mengerti akan bahaya COVID-19 dan memahami untuk senantiasa melaksanakan protokol COVID, di antaranya memakai masker setiap hari, kemudian cuci tangan, dan jaga jarak," ujar Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/8).

(jbr/jbr)