Pimpinan KPK Serahkan Sepenuhnya Kasus Telepon Mumtaz Rais ke Polisi

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 07:05 WIB
Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengikuti upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Presiden Joko Widodo melantik lima pimpinan KPK periode 2019-2023 yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango dan Nurul Ghufron. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Foto: Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango (Antara Foto)
Jakarta -

Pimpinan KPK Nawawi Pomolango sempat ribut dengan Ketua DPP PAN Mumtaz Rais di dalam pesawat Garuda Indonesia gara-gara persoalan menelepon. Nawawi pun memutuskan untuk menyerahkan kasus tersebut ke pihak kepolisian.

"Pak Nawawi mengatakan kalau begitu nanti setelah di bandara saya akan menginformasikan hal ini pada petugas yang berwenang di bandara," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (14/8/2020).

Ali menyebut setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Nawawi pun menyampaikan persoalan tersebut ke Kapospol Terminal 3F. Pihak Polres Bandara juga telah memastikan kejadian tersebut ditangani oleh petugas yang berwajib.

"Pihak Polres Bandara juga sudah datang menemui Pak Nawawi di kantor KPK dan sudah disampaikan pada prinsipnya bahwa penyelesaian kejadian tersebut diserahkan sepenuhnya kepada petugas yang berwajib," ucap Ali.

Berkaca dari kejadian ini, Ali berharap kejadian serupa bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Dia menyebut persoalan ini bukan terkait masalah pribadi Nawawi dengan Mumtaz Rais, melainkan soal keselamatan penumpang.

"Perlu kami tegaskan, insiden yang terjadi di penerbangan tersebut seharusnya tidak perlu terjadi jika seluruh penumpang memiliki kesadaran bersama dan bersedia diingatkan jika melakukan kekeliruan. Pak Nawawi sudah menyampaikan bahwa hal ini bukan masalah pribadi beliau, tetapi agar menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk patuh pada aturan yang berlaku, khususnya di penerbarangan karena ini terkait dengan keselamatan seluruh penumpang," ujar Ali.

Tonton juga 'Penjelasan KPK soal Insiden Nawawi Pomolango-Mumtaz Rais':

[Gambas:Video 20detik]

Seperti diketahui, keributan ini disebut terjadi pada penerbangan Gorontalo-Makassar-Jakarta pada Rabu (12/8) yang lalu. Saat itu tiba-tiba Mumtaz ditegur oleh Nawawi karena melakukan panggilan telfon ketika pesawat tengah mengisi bahan bakar.

Persoalan berbuntut panjang lantaran Mumtaz tidak mengindahkan teguran Nawawi dan justru menanyakan identitas Nawawi. Saat itu juga, Mumtaz menyebut dirinya tengah bersama pimpinan Komisi III DPR RI.

Seketika pimpinan Komisi III DPR RI lantas menenangkan keduanya. Lalu diketahuilah Nawawi merupakan pimpinan KPK.

Selanjutnya
Halaman
1 2