3.747 Peserta SBMPTN Diterima di Unsyiah, Ini Tahapan yang Wajib Diikuti

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 22:31 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Banda Aceh -

Sebanyak 3.747 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2020 dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Aceh. Calon mahasiswa diwajibkan mengikuti beberapa tahapan penting sebelum mulai kuliah.

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengatakan jumlah pendaftar Unsyiah lewat jalur SBMPTN tahun ini 22.606 orang. Mereka memilih jurusan di 12 fakultas yang ada di kampus berjulukan 'Jantong Hate Rakyat Aceh' itu.

"Sebanyak 3.747 peserta SBMPTN tahun 2020 dinyatakan lulus di Unsyiah. Pengumuman hasil SBMPTN dapat dilihat melalui laman http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau www.sbmptn.unsyiah.ac.id," kata Samsul dalam keterangannya, Jumat (14/8/2020).

Calon mahasiswa yang diterima di Unsyiah diharapkan mengikuti sejumlah tahapan penting, seperti pengisian biodata Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) dan Orientasi Sistem Informasi Kampus (Osimpus). Selain itu, calon mahasiswa harus mengikuti tes kesehatan, pemotretan kartu mahasiswa, kelas perpustakaan, dan verifikasi data akademik lainnya.

Menurut Samsul, pada tahap awal calon mahasiswa diwajibkan mengisi secara online biodata UKTB melalui laman www.uktb.unsyiah.ac.id pada 20-25 Agustus mendatang. Para mahasiswa diminta selalu memantau situs resmi dan media sosial Unsyiah untuk memperoleh informasi terbaru.

"Sebab, ada beberapa tahapan penting lainnya yang harus diikuti mahasiswa sebelum memulai perkuliahan di Unsyiah," jelas Samsul.

Dia menambahkan, proses pendaftaran ulang serta pembekalan tahun ini digelar dengan cara berbeda. Unsyiah bakal menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Terlebih lagi, ada sebagian mahasiswa baru yang lulus ini berasal dari berbagai provinsi di luar Aceh," jelas Samsul.

(agse/zap)