Cara Melihat Nilai UTBK 2020 dan Download Sertifikat, Buat Ujian Mandiri

Rosmha Widiyani - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 17:58 WIB
Suasana UTBK hari pertama di Untidar Magelang
Foto: Suasana UTBK hari pertama di Untidar Magelang (dok. humas Untidar)/Cara Melihat Nilai UTBK 2020 dan Download Sertifikat, Buat Ujian Mandiri
Jakarta -

Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Saringan Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah diumumkan pada Jumat (14/8/2020). Sebanyak 167.653 orang berhasil lolos dari total 702.420 peserta SBMPTN 2020.

Bagi peserta UTBK 2020 yang tidak lulus dapat mengikuti ujian mandiri yang digelar di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri atau PTN. Untuk mengikuti ujian tersebut, peserta bisa melihat nilai UTBK 2020 dan mengunduh sertifikatnya lebih dulu.

"Sertifikat Hasil Nilai UTBK dapat diunduh mulai tgl 15 Agustus 2020 Pukul 15.00 WIB," tulis pengumuman di situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Bagi peserta yang ingin melihat nilai UTBK 2020 dan mengunduh sertifikatnya diharapkan terus memantau informasi di situs LTMPT. Nilai UTBK yang tercantum dalam sertifikat bisa menjadi pertimbangan sebelum mendaftar ujian mandiri.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa juga ikut mengingatkan jangan lupa mengunduh sertifikat hasil nilai UTBK 2020. Sutrisna mengingkatkan lewat akun Twitter di @sutrisna_wibawa.

"Sertifikat hasil nilai UTBKnya baru bisa diunduh pada tanggal 15 Agustus 2020, jadi bagi yang mau daftar saringan mandiri melalui nilai UTBK bisa menggunakannya," tulis Sutrisna.

Usai UTBK 2020, beberapa PTN menyediakan jalur masuk alternatif melalui ujian mandiri bagi peserta yang berminat. Jadwal, cara, dan ketentuan bisa dilihat di situs tiap ujian mandiri dari tiap PTN.

Salah satu PTN yang akan menyelenggarakan ujian mandiri adalah ITB melalui Seleksi Mandiri ITB. Informasi pendaftaran, jadwal, dan syarat bisa dilihat di situs usm.itb.ac.id.

(row/pal)