Siswa SD-SMP di Balikpapan Dapat Bantuan Gadget dari Pertamina

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 20:26 WIB
Pertamina
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Dampak pandemi COVID-19 dirasakan juga di sektor pendidikan, khususnya dalam metode pengajaran daring. Terkait hal ini, Pertamina melalui Refinery Unit V Balikpapan dan Marketing Operation Region VI memberikan donasi kepada siswa tidak mampu di tingkat SD dan SMP Kota Balikpapan. Hal ini agar para siswa dapat tetap belajar di tengah pandemi COVID-19.

Adapun bantuan yang diberikan berupa 250 handphone Android baru, 4 notebook layak pakai dan 3 handphone layak pakai. Bantuan diserahkan oleh Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Roberth Marchelino Verieza kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin.

"Pertamina sangat peduli dengan pendidikan ditambah lagi dengan kondisi seperti ini, kami paham sulitnya mendapatkan pembelajaran secara tatap muka. Dinas Pendidikan Kota Balikpapan telah menginisiasi hal baik dan alhamdulillah Pertamina RU V dan MOR VI dapat terkumpul dana lebih dari Rp 200 juta dan beberapa laptop dan handphone layak pakai," ujar Roberth dalam keterangan tertulis, Jumat (14/8/2020).

Roberth menjelaskan kepedulian Pertamina tidak hanya dilakukan oleh perusahaan, namun juga didorong oleh para pekerjanya. Pasalnya, bantuan tersebut berasal dari para pekerja, mitra kerja, serikat pekerja mathilda, dan para penghuni Apartemen Amarilis.

"Program ini kami sosialisasikan kepada seluruh pekerja di Pertamina Kalimantan, dan ternyata respon yang diberikan oleh para pekerja dan keluarganya cukup besar. Semua pihak berupaya untuk ikut berpartisipasi," katanya.

Roberth mengatakan bantuan kali ini ditargetkan untuk 1.200 siswa. Ia berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi para siswa dalam belajar daring.

"Semoga bantuan dari Pertamina dapat bermanfaat bagi anak-anak SD dan SMP di Kota Balikpapan. Dapat mengakses pembelajaran dengan baik secara daring," ungkapnya.

Di sisi lain, Muhaimin memberikan apresiasi kepada Pertamina atas kepedulian bagi pendidikan di Kota Balikpapan

"Dengan donasi dari Pertamina sejumlah 250 (HP dan laptop) donasi yang terkumpul ,hingga hari ini telah mencapai lebih dari 50 persen target Diknas. Kami akan bagi sesuai dengan data yang ada untuk masing-masing wilayah di Kota Balikpapan, insya Allah pada tanggal 17 Agustus," katanya.

Sebagai informasi, acara penyaluran bantuan ini turut dihadiri oleh perwakilan pekerja RU V dan MOR VI, serikat pekerja, serta para penghuni Apartemen Amarilis

(prf/ega)