Massa Demo Berkumpul di Depan DPR, Lalin Jalan Gatsu Hanya Lewat Busway

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 18:58 WIB
Masa demonstrasi tolak omnibus law bergerak ke depan gedung DPR.
Massa demonstrasi yang menolak Omnibus Law bergerak ke depan gedung DPR. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Massa buruh-mahasiswa menolak RUU Omnibus Law berkumpul di gerbang gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Lalu lintas di Jalan Gatot Subroto macet.

Pantauan detikcom, Jumat (14/8/2020) pukul 18.20 WIB, massa buruh-mahasiswa sudah berada di gerbang DPR. Mereka sebelumnya berhenti di Jalan Gatot Subroto dekat simpang Jalan Gerbang Pemuda setelah bergerak dari Kementerian Ketenagakerjaan karena tidak diizinkan menuju gerbang gedung DPR.

Massa demo tampak tumpah di gerbang gedung DPR. Terpantau ada tiga mobil komando. Spanduk-spanduk tolak RUU Omnibus Law dan revolusi pendidikan terpasang di pintu gerbang.

Pasukan Antihuru-hara tampak bersiap di Jalan Gatot Subroto dari arah Semanggi. Satu mobil barikade dan pengurai massa tampak bersiaga di depannya.

Lalu lintas Jalan Gatot Subroto terpantau macet. Kendaraan roda empat dan roda dua hanya bisa melintas di jalur bus TransJakarta (busway).

Sementara itu, sudah tidak ada massa di Jalan Gerbang Pemuda. Mereka membubarkan diri. Lalu lintas masih ditutup.

Pantauan detikcom di lokasi, massa mahasiswa mulai membubarkan diri pukul 17.55 WIB. Sebelumnya, mereka sempat membakar spanduk yang ditaruh di pagar kawat berduri.

Mobil komando diikuti para mahasiswa bergerak menuju Jalan Asia Afrika depan Hotel Mulia dan Jalan Gelora arah Palmerah. Lalu lintas Jalan Gerbang Pemuda dari Palmerah ke Jalan Asia Afrika terpantau ramai lancar.

Meski mahasiswa sudah bubar, polisi belum menyingkirkan pagar kawat dan masih berjaga. Beberapa mahasiswa tampak terlihat duduk di sekitar pagar kawat.

(aik/aik)