Erupsi Keempat Kali, Gunung Sinabung Lontarkan Awan Panas 1,5 Km

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 17:56 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di jalan yang dipenuhi debu vulkanik pasca erupsi Gunung Sinabung,  di Desa Sigarang-garang, Karo, Sumatera Utara, Sabtu (8/8/2020). Gunung Sinabung erupsi dengan tinggi kolom 2.000 meter. ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting/Lmo/hp.
Erupsi Gunung Sinabung (Sastrawan Ginting/Antara Foto)
Karo -

Awan panas keluar saat Gunung Sinabung erupsi untuk keempat kalinya hari ini. Awan panas hasil letusan itu meluncur ke arah tenggara sejauh 1,5 kilometer.

"Awan panas letusan ke arah tenggara sekitar 1.500 meter dan ke arah selatan sekitar 500 meter," kata Plt Kepala BPBD Karo Natail Perangin Angin kepada wartawan, Jumat (14/8/2020).

Dia mengatakan awan panas ini muncul pascaerupsi yang terjadi pukul 16.56 WIB. Erupsi tersebut juga memicu kolom abu dengan ketinggian 4.200 meter di atas puncak gunung.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km untuk sektor timur-utara," tuturnya.

Belum ada informasi soal korban jiwa. Dia mengingatkan warga menjauh dari zona rawan bencana erupsi Sinabung.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," ujarnya.

Gunung Sinabung sebelumnya telah mengalami tiga kali erupsi hari ini. Erupsi pertama terjadi pukul 10.30 WIB dengan tinggi kolom abu kurang-lebih 2.100 meter.

Erupsi kedua terjadi pukul 14.25 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter dari puncak. Gunung Sinabung kembali erupsi pada pukul 14.55 WIB.

(haf/haf)