Nadiem: Sekolah Cikal Hibahkan Merek Dagang 'Merdeka Belajar' ke Kemendikbud

Rahel Narda Catherine - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 14:34 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Mendikbud Nadiem Makarim (Antara Foto)
Jakarta -

Mendikbud Nadiem Makarim mengumumkan Sekolah Cikal siap menghibahkan merek dagang 'Merdeka Belajar' kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Nadiem juga menegaskan hal itu dilakukan tanpa adanya kompensasi apa pun.

"Kami dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa Sekolah Cikal sudah siap untuk menghibahkan merek dagang dan jasa dari nama Merdeka Belajar kepada Kemendikbud tanpa biaya dan kompensasi apapun," kata Nadiem dalam telekonferensi Kemendikbud pada Jumat (14/8/2020).

Lebih lanjut, Nadiem mengatakan Sekolah Cikal ataupun pihak lain dapat tetap menggunakan label 'Merdeka Belajar' tanpa adanya kompensasi. Hal itu, menurutnya, diperbolehkan selama digunakan untuk kepentingan pendidikan.

"Baik Sekolah Cikal maupun pihak lain tetap bisa menggunakan Merdeka Belajar tanpa kompensasi selama dengan kepentingan pendidikan dan sesuai ketentuan yang berlaku," ucap Nadiem.

Nadiem mengatakan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama semua pihak. Dia pun mengapresiasi Sekolah Cikal yang menghibahkan merek dagang 'Merdeka Belajar' ke Kemendikbud.

"Pendidikan adalah tanggung jawab bersama, Kemendikbud mengapresiasi semangat gotong-royong dan kekeluargaan yang ditunjukkan dan dikedepankan Sekolah Cikal. Kemendikbud memberikan apresiasi pada Najelaa selaku perwakilan Cikal, yang akan menghibahkan hak merek Merdeka Belajar kepada Kemendikbud," jelas Nadiem.

Selanjutnya
Halaman
1 2