Megawati-SBY Hadiri Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD Secara Virtual

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 09:16 WIB
Suasana gedung DPR jelang sidang tahunan MPR
Gedung DPR-MPR-DPD (Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta -

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri Sidang Tahunan MPR, DPR, DPD. Keduanya hadir secara virtual.

Kehadiran Megawati dan SBY itu disampaikan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). Bambang menyampaikan kehadiran para mantan pucuk pimpinan Republik Indonesia saat membuka Sidang Tahunan MPR.

"Ibu Megawati Soekarnoputri yang hadir secara virtual. Presiden ke-6 RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang juga hadir secara virtual," kata Bamsoet dalam sidang yang disiarkan kanal YouTube DPR RI, Jumat (14/8/2020).

Dalam Sidang Tahunan ini hadir juga secara virtual Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 RI Bapak Hamzah Haz dan Wakil Presiden ke-11 RI Bapak Boediono.

Seperti diketahui, sidang tahunan MPR-DPR-DPD 2020 dimulai. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin hadir langsung. Sejumlah menteri hingga ketum parpol juga diundang.

Sidang tahunan MPR-DPR-DPD 2020 digelar di Gedung Nusantara, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Presiden Jokowi hadir langsung dengan mengenakan baju adat Sabu dari NTT.

Menteri yang merangkap ketum parpol juga hadir seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartarto merangkap Ketum Golkar, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketum Gerindra dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua DPD La Nyalla Mattaliti juga hadir. Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung turut hadir.

Tak semua anggota DPR yang hadir dalam sidang tahunan kali ini karena dampak COVID-19. Hanya 176 anggota DPR yang diundang secara fisik. Mereka yang hadir secara fisik duduk berjarak.

Selain Jokowi-Ma'ruf, sejumlah menteri koordinator dan menteri teknis hadir. Menteri-menteri yang hadir di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Tonton video 'Suasana Gedung Parlemen Jelang Pidato Kenegaraan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)