Round-Up

5 Fakta soal PSBB Transisi Jakarta yang Diperpanjang Keempat Kalinya

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 08:32 WIB
Sejumlah petugas Satpol PP tingkat kota melakukan razia pendisiplinan pemakaian masker di kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara, Rabu (13/8). Kegiatan tersebut bertujuan memberikan ketegasan kepada para pengendara yang tidak tertib memakai masker di masa PSBB Transisi ini.
Penindakan warga tak bermasker saat PSBB Transisi / Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi diperpanjang keempat kalinya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sejumlah pernyataan.

Anies menuturkan perpanjangan PSBB transisi ini akan dimulai pada 14 Agustus hingga 27 Agustus 2020.

"Dengan mempertimbangkan segala kondisi, setelah kami berkonsultasi dengan pakar kesehatan khususnya epidemiolog, dan berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda pada sore tadi, kami memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB Masa Transisi di fase pertama ini untuk keempat kalinya hingga tanggal 27 Agustus 2020," ujar Anies dalam keterangan tertulis pada Kamis 13 Agustus 2020.

Berikut arahan Anies tiadakan lomba 17 Agustus hingga CFD saat PSBB transisi keempat:

CFD Ditiadakan

Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) setiap hari Minggu ditiadakan di masa PSBB transisi keempat. CFD berpotensi melahirkan kerumunan di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

"Seluruh aktivitas sosial bersama yang menyebabkan kerumunan itu akan ditunda. Dan ini artinya, kegiatan car free day kami putuskan untuk ditiadakan, karena car free day ini berpotensi kerumunan," kata Anies.

Menurut Anies, pihaknya juga akan lebih melakukan pengetatan terhadap masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker.

"Melalui perpanjangan ini, kami bersama aparat Kepolisian dan TNI akan fokus pada penegakan aturan, khususnya penggunaan masker kepada masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut, Anies menegaskan Pemprov DKI akan mengetatkan aturan yang ada dengan perpanjangan PSBB transisi ini, khususnya di dalam kegiatan yang dapat mengumpulkan massa.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menambahkan dengan ditiadakannya CFD itu, ada 32 jalur kawasan khusus pesepeda (KKP) yang ada juga ikut dihapus.

Tonton video 'PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang hingga 27 Agustus':

[Gambas:Video 20detik]