PSBB Transisi DKI Diperpanjang, Pemprov Minta Lomba 17-an Ditiadakan

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 21:55 WIB
lomba makan 17 agustus
Lomba 17-an (Istimewa)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga Jakarta tidak menggelar kegiatan yang dapat mengumpulkan massa selama pandemi virus Corona (COVID-19) usai kembali memperpanjang PSBB transisi. Hal itu bertujuan mencegah terjadinya penularan virus Corona semakin masif.

Anies mencontohkan kegiatan yang dapat mengumpulkan massa saat ini, yakni perlombaan 17-an dan car free day (CFD). Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta meminta warga tidak mengadakan perlombaan 17-an.

"Seluruh aktivitas sosial bersama yang menyebabkan kerumunan itu akan ditunda. Dan ini artinya, kegiatan Care Free Day kami putuskan untuk ditiadakan, karena Car Free Day ini berpotensi kerumunan. Yang kedua, adalah perayaan 17 Agustusan. Menghias kampung, rumah, maupun kantor bisa tetap berjalan. Kalau mau melaksanakan upacara diperbolehkan dengan jumlah yang terbatas. Tapi, lomba-lomba yang biasanya dilakukan itu ditiadakan," ujar Anies dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/8/2020).

"Karena, lomba-lomba inilah yang menyebabkan kerumunan tanpa terkendali, sedangkan upacara relatif bisa dikendalikan karena jarak antar berdirinya bisa diatur hingga tata caranya," sambungnya.

Anies mengatakan pihaknya juga akan lebih melakukan pengetatan terhadap masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker. Pengetatan aturan itu akan dilakukan bekerja sama dengan TNI-Polri.

"Melalui perpanjangan ini, kami bersama aparat Kepolisian dan TNI akan fokus pada penegakan aturan, khususnya penggunaan masker kepada masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang masa PSBB transisi. Perpanjangan itu akan berlangsung hingga dua minggu ke depan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan perpanjangan PSBB transisi ini akan dimulai pada 14 Agustus hingga 27 Agustus 2020. Ini merupakan perpanjangan PSBB transisi kali keempat yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

"Dengan mempertimbangkan segala kondisi, setelah kami berkonsultasi dengan pakar kesehatan khususnya epidemiolog, dan berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda pada sore tadi, kami memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB Masa Transisi di fase pertama ini untuk keempat kalinya hingga tanggal 27 Agustus 2020," ujarnya keterangan tertulis, Kamis (13/8).

Tonton video 'PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang hingga 27 Agustus':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)