PSBB Transisi Diperpanjang, Anies Tiadakan CFD

M Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 21:27 WIB
Car Free Day (CFD) berlangsung di Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Pangeran Antasari, Jakarta, Minggu(09/08/2020). Pengunjung CFD didominasi oleh para pesepeda.
CFD di JLNT Antasari (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengumumkan perpanjangan PSBB transisi hingga dua pekan ke depan. Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) setiap hari Minggu ditiadakan.

"Seluruh aktivitas sosial bersama yang menyebabkan kerumunan itu akan ditunda. Dan ini artinya, kegiatan car free day kami putuskan untuk ditiadakan, karena car free day ini berpotensi kerumunan," kata Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (13/8/2020).

Peniadaan itu dilakukan selama periode perpanjangan PSBB transisi, yakni dari 15 Agustus hingga 27 Agustus 2020. Anies mengatakan pihaknya juga akan lebih melakukan pengetatan terhadap masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker.

"Melalui perpanjangan ini, kami bersama aparat Kepolisian dan TNI akan fokus pada penegakan aturan, khususnya penggunaan masker kepada masyarakat," ujarnya.

Anies mengatakan, dengan perpanjangan PSBB transisi keempat kalinya ini, Pemprov DKI akan mengetatkan aturan yang ada. Khususnya di dalam kegiatan yang dapat mengumpulkan massa.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperpanjang masa PSBB transisi. Perpanjangan itu akan berlangsung hingga dua minggu ke depan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan perpanjangan PSBB transisi ini akan dimulai pada 14 Agustus hingga 27 Agustus 2020. Ini merupakan perpanjangan PSBB transisi kali keempat yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

"Dengan mempertimbangkan segala kondisi, setelah kami berkonsultasi dengan pakar kesehatan khususnya epidemiolog, dan berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda pada sore tadi, kami memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB Masa Transisi di fase pertama ini untuk keempat kalinya hingga tanggal 27 Agustus 2020," ujar keterangan tertulis, Kamis (13/8).

(imk/imk)