Menjajal JPO 'Selamat Datang' di Margonda yang Jadi Ikon Kota Depok

Jehan Nurhakim - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 19:41 WIB
Wali Kota Idris Resmikan JPO Baru di Kota Depok
JPO 'Selamat Datang di Kota Depok' diresmikan. (Jehan Nurhakim/detikcom)
Depok -

Wali Kota Depok M Idris Abdul Somad meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPO) baru di Jalan Margonda Raya. JPO itu dinamai JPO 'Selamat Datang di Kota Depok' dan menjadi ikon baru di Kota Depok.

detikcom menjajal JPO yang terletak di depan Apartemen Evenciio itu. JPO itu beranak tangga dengan sisi kiri-kanan dilengkapi pagar pengaman.

Di sudut JPO terdapat tempat sampah. Terdapat 2 buah kamera CCTV di JPO tersebut.

Kemudian pada lantai terdapat tanda kuning membentuk kotak persegi dengan tulisan 'UMKM' di tengahnya. Itu dibuat sebagai penanda untuk stan UMKM yang terdapat di 6 titik.

Dalam sambutannya, Idris mengatakan JPO sangat diperlukan sebagai sarana penyeberangan demi keselamatan pejalan kaki. Selain JPO 'Selamat Datang di Kota Depok', rencananya ada 10 JPO lainnya yang akan dibangun oleh Pemkot Depok.

"Nanti dari pihak dinas perhubungan yang mempunyai kewenangan PPNS-nya bisa bertindak tegas Pak, terhadap penyeberang orang yang tidak melalui jembatan orang. Kita sudah lihat sendiri bagaimana fotonya, gambarnya bagaimana orang menyeberang dengan merusak pagar pembatas," kata Idris saat meresmikan JPO di lobi Apartemen Evenciio, Jl Margonda, Kota Depok, Kamis (13/8/2020).

Wali Kota Idris Resmikan JPO Baru di Kota DepokWali Kota Idris Resmikan JPO Baru di Kota Depok (Jehan Nurhakim/detikcom)

Idris mengatakan, selain untuk pejalan kaki, JPO tersebut difungsikan untuk memberdayakan UMKM. Di JPO ini, nantinya UMKM bisa memamerkan produknya.

"Ini juga dipadukan fungsi ekonominya, yaitu kita ingin memberdayakan UMKM kita. Mungkin nanti laporannya ada 6 titik ya. Nanti 2 Titik diperuntukkan gerai pamer. Biar bergantian, akan diatur jatahnya oleh dinas terkait," katanya.

Ia melanjutkan JPO itu dinamai 'JPO Selamat Datang di Kota Depok' agar menjadi ikon Kota Depok.

"Jembatan ini kita namakan jembatan penyeberangan orang 'Selamat Datang di Kota Depok', agar nanti lebih mudah orang buat janjian. 'Kita janjian di mana nih? 'Janjian di JPO Selamat Datang di Kota Depok' ini penamaan pentingnya seperti itu," tuturnya.

Wali Kota Idris Resmikan JPO Baru di Kota DepokTerdapat tempat sampah di JPO tersebut. (Jehan Nurhakim/detikcom)

(mei/mei)