Koarmada I Gelar Baksos, Bantu Warga yang Terdampak COVID-19

Kadek Luxiana - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 18:07 WIB
Koarmada 1 Gelar Baksos, Bantu Warga yang Terdampak COVID-19
Koarmada I menggelar bakti sosial bantu warga terdampak pandemi COVID-19 (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Komando Armada (Koarmada) I TNI AL menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos). Baksos digelar dalam rangka penanggulangan bencana non alam virus Corona (COVID-19).

Kegiatan digelar di Lapangan Arafuru Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2020). Kegiatan diawali degan apel yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto.

"Peran Koarmada I dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang adalah berperan aktif dalam operasi kemanusiaan, salah satunya yang saat ini dilaksanakan adalah menggelar Bakti Sosial TNI AL," kata Bambang melalui keterangan tertulis, Kamis (13/8/2020).

Selain itu Bambang menuturkan, bakti sosial ini digelar dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75. Kegiatan berlangsung mulai hari ini hingga tiga hari ke depan yang digelar di beberapa tempat satuan TNI AL.

"Ini akan dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai dengan 16 Agustus 2020 di 4 titik yaitu di Kemayoran sekitar Mako Koarmada I, Komplek Satuan Pondok Dayung, Komplek Perumahan TNI AL Kodamar dan di Komplek Perumahan Marunda," ujarnya.

Koarmada 1 Gelar Baksos, Bantu Warga yang Terdampak COVID-19Koarmada 1 Gelar Baksos, Bantu Warga yang Terdampak COVID-19 Foto: dok. Istimewa

Adapun tujuan lain dari kegiatan ini dikatakan Bambang untuk membantu pemerintah DKI Jakarta dalam rangka percepatan penanggulangan COVID-19, menumbuhkan budaya hidup bersih dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Beberapa alat kesehatan mulai dari alat semprot disinfektan hingga tempat cuci tangan akan dibagikan.

"Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah mengajak masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan, menyalurkan bantuan alat semprot disinfektan sebanyak 340 unit, thermo gun 100 unit, APD 850 unit, cairan disinfektan 5 liter 200 jerigen dan masker non medis 1200 unit, serta membuat tempat cuci tangan di titik-titik tertentu sebanyak 60 unit," ujarnya.

Koarmada I melalui Babinpotmar (Bintara Pembina Potensi Maritim) bersama Babinsa dan Babinkamtibmas dalam rangka mempercepat penanggulangan COVID-19 telah menurunkan tim. Di mana tim tersebar di beberapa sektor pasar di Jakarta diantaranya, Pasar Kartini, Pasar Gembrong, Pasar Cempaka, Pasar Kemayoran, dan Pasar Rawasari.

(hri/eva)