Pemerintah Contohkan Lomba 17-an: Senam Berjarak hingga Yel Ajak Bermasker

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 16:54 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: Rusman-Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito memberikan gambaran perlombaan yang bisa digelar memperingati HUT RI ke-75. Wiku mengatakan perayaan 17 Agustus harus tetap dilakukan disiplin dengan protokol kesehatan.

"Dengan semangat juang yang tinggi mari kita jaga kedisiplinan, mari kita rayakan 75 tahun merdeka ini dengan kreatifitas seperti lomba senam berjarak, untuk betul-betul kita bisa melatih jaga jarak dan ini khususnya senam yang menyehatkan untuk bapak ibu di Indonesia," ujar Wiku dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (13/8/2020).

Selain itu, Wiku mencontohkan lomba lain yang bisa dilakukan di tengah pandemi Corona. Wiku mengatakan masyarakat bisa menggelar lomba yel-yel hingga lomba cuci tangan.

"Yang kedua contoh lain lomba yel-yel menggunakan bahasa daerah untuk pakai masker menggunakan kearifan lokal dengan bahasa daerah khususnya ini untuk anak-anak muda dan juga lomba cuci tangan dan membiasakan anak-anak kita semua di Indonesia tetap sehat dalam rangka kita ingin melindungi aset bangsa yaitu anak-anak Indonesia," jelas dia.

Pemerintah sudah mengambil tema 'Indonesia Maju' dalam peringatan hari 17 Agustus 2020. Upacara HUT RI ke-75 akan digelar di Istana Kepresidenan dengan jumlah yang terbatas.

Total hanya ada 6 pejabat yang menghadiri upacara secara fisik, yakni Presiden (selaku inspektur upacara), dan Wakil Presiden serta petugas upacara, yaitu Ketua MPR (selaku pembaca teks proklamasi), Menteri Agama (pembaca doa), Panglima TNI, dan Kapolri, serta tidak mengundang pejabat dan masyarakat.

Adapun menteri hingga kepala daerah akan mengikuti upacara secara virtual di kantor masing-masing. Sedangkan untuk setingkat pimpinan tinggi pratama hingga pegawai instansi di pusat maupun daerah diwajibkan menonton siaran langsung upacara di Istana Merdeka di rumah masing-masing.

Pemerintah juga menghimbau agar masyarakat menghentikan segala aktivitas dan berdiri tegak sempurna selama 3 menit pada 17 Agustus nanti pada pukul 10.17-10.20 WIB.

(idn/imk)