Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo Daftar Jadi Relawan Uji Vaksin Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 16:41 WIB
Kepala Gugus Pusat Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat Doni Monardo
Foto: Faiq Azmi/detikcom
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mendaftarkan diri menjadi relawan uji klinis vaksin Virus Corona (COVID-19). Pemerintah ingin menunjukkan bahwa ada keseriusan pemerintah dalam kebijakan vaksin virus Corona.

"Kami ingin sampaikan kabar penting bahwa Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo telah mendaftarkan diri sebagai relawan uji klinis vaksin COVID-19. Ini adalah bentuk komitmen pemerintah mendukung, bahwa kita berupaya keras mendukung, memberikan perlindungan maksimal kepada seluruh rakyat Indonesia melalui program vaksinasi," ucap juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam siaran pers di akun YouTube Sekretariat Presiden, seperti dilihat detikcom, Kamis (13/8/2020).

Doni Monardo, yang merupakan Kepala BNPB, menjadi satu di antara sekian tokoh yang menjadi relawan vaksin. Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan pun menyebut menjadi salah satu relawan uji klinis vaksin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung pelaksanaan penyuntikan perdana calon vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Selasa (11/8). Dalam sambutannya, Jokowi berharap uji klinis ini bisa selesai dalam enam bulan.

"Hari ini saya hadir di Fakultas Kedokteran Unpad di Bandung, Jabar, ini dalam rangka melihat secara langsung pelaksanaan penyuntikan yang perdana untuk imunisasi, untuk 1.620 relawan yang akan diujicobakan dan kita berharap uji klinis yang ketiga ini nantinya insyaallah bisa diselesaikan dalam 6 bulan ini," ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan vaksin itu akan diuji kepada 1.620 relawan yang berada di Jawa Barat dan hasilnya selesai pada akhir Desember mendatang.

"Vaksin (Corona) ini sekarang good news-nya buat kita itu ada perusahaan yang bernama Sinovac dari China. Mereka sudah memasuki tahap kedua udah selesai uji hewan, uji manusia, dan uji kepada yang lebih masif lagi, termasuk di Indonesia, Brasil, termasuk beberapa negara lain, Bangladesh, ini bekerja sama dengan Bio Farma," kata Tito pada saat rapat koordinasi pilkada serentak tahun 2020 yang disiarkan secara langsung melalui YouTube Kemendagri RI, Kamis (6/8).

Tonton video 'Jokowi Tinjau Uji Klinis Vaksin Corona di Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/imk)