'Kita Siap Begitu Vaksin Tersedia', Australia Persiapkan Rencana Vaksinisasi

ABC Australia - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 14:43 WIB
Jakarta -

Sejumlah negara di dunia berlomba untuk memproduksi dan mendistribusikan vaksin COVID-19. Pemerintah Australia bahkan telah mempersiapkan rencana teknis pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal, walau belum ada vaksin yang berhasil di negara mana pun hingga saat ini.

Vaksinasi massal covid-19

Presiden Putin mengatakan vaksin yang dikembangkan oleh Institut Gamaleya Moskow ini aman dan bahkan telah disuntikan kepada salah satu putrinya sendiri.

"Saya tahu vaksin ini efektif, membentuk kekebalan yang kuat. Saya ulangi kembali, vaksin ini telah melewati semua proses pemeriksaan yang diperlukan," kata Presiden Putin.

Persetujuan dari Kementerian Kesehatan setempat menandakan dimulainya ujicoba yang lebih luas dengan melibatkan ribuan peserta, umumnya dikenal sebagai uji klinis fase ketiga

Percobaan semacam itu mensyaratkan jumlah tertentu dari peserta yang tertular virus untuk mengamati efek vaksin yang diberikan.

Profesor Tony Cunningham, penasihat Pemerintah Australia untuk vaksin COVID-19 menjelaska, kalangan pemerhati vaksin tak banyak mengetahui vaksin buatan Rusia tersebut.

Dia mengatakan suatu vaksin belum pernah diproduksi hanya dalam tempo enam bulan.

"Kami ingin melihat data vaksin tersebut ketika sudah dipublikasikan," ujarnya.

Menurut data WHO, sejauh ini lebih dari 100 lembaga di berbagai negara berlomba membuat vaksin COVID-19. Setidaknya ada empat yang sudah memasuki uji klinis fase III terhadap manusia.

Artikel ini diproduksi oleh Farid M. Ibrahim.

(ita/ita)