Round Up

Bupati Aceh Singkil Tambah Daftar Panjang Kepala Daerah Kena Corona

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 23:08 WIB
Bupati Aceh Singkil Dulmusrid
Bupati Aceh Singkil Dulmusrid (Dok Situs Pemkab Aceh Singkil)
Jakarta -

Deretan kepala daerah yang positif COVID-19 kini kian bertambah. Teranyar, Bupati Aceh Singkil Dulmusrid dan istrinya, Atmah Dulmusrid, dinyatakan positif Corona (COVID-19) berdasarkan hasil pemeriksaan swab.

Sampel swab Dulmusrid dan istrinya diperiksa di Laboratorium Penyakit Infeksi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di Banda Aceh. Dia mengumumkan dirinya positif Corona pada Selasa (11/8) kemarin, dia mengaku tidak pernah merasakan gejala-gejala Corona, seperti demam.

"Gejala yang menurut keterangan dokter bahwasanya ada mati rasa, pahit mulut, dan demam itu tidak pernah saya alami beserta istri. Tapi, berdasarkan hasil swab tersebut, saya dinyatakan positif," kata Dulmusrid dalam sebuah video yang diunggah di Facebook, Rabu (12/8/2020).

Dulmusrid meminta masyarakat Aceh Singkil tetap tenang dan tidak panik setelah dirinya dinyatakan positif COVID-19. Warga diminta selalu memakai masker dan menjaga jarak agar tidak tertular virus Corona.

"Saya mohon doa dan dukungannya semoga hasil uji swab setelah isolasi 14 hari saya dicek oleh tim kesehatan dinyatakan negatif," ujarnya.

Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Aceh Singkil Khaldum mengatakan saat ini ajudan serta staf yang punya kontak erat dengan Bupati juga sudah melakukan isolasi mandiri.

"Pak Bupati dan Ibu terkonfirmasi positif COVID-19. Saat ini sedang isolasi mandiri di pendopo sembari mengikuti petunjuk medis," jelas Khaldum.

Berikut ini 17 kepala daerah lainnya yang pernah terjangkit Corona:

1. Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani

Beberapa hari yang lalu kabar duka datang dari Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani. Nadjmi telah tutup usia setelah berjuang selama lima belas hari menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Ulin Banjarmasin karena terjangkit virus Corona. Sebelum meninggal, Nadjmi Adhani pun sempat berpesan kepada masyarakat soal virus Corona.

Nadjmi Adhani menyampaikan pesan virus Corona itu nyata melalui video berdurasi satu menit. Nadjmi memberitahukan bahwa dia dan sang istri, Ririn Nadjmi Adhani, terjangkit virus COVID-19.

"Assalamualaikum warga Banjarbaru yang ulun (saya) sayangi. Hari ini ulun bersama ini, berdasarkan hasil swab, terkonfirmasi COVID-19. Untuk itu, ulun minta doa untuk kesembuhan kami, agar diberi kekuatan dan kemudahan dalam berobat bisa melewati ini dengan baik," kata Nadjmi Adhani, yang berbicara menggunakan alat bantu pernapasan, Senin (27/7).

2. Gubernur Kepri Isdianto

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto diketahui terkonfirmasi positif Corona saat pulang ke Kepri usai dilantik Presiden Jokowi di Jakarta. Saat pulang dari pelantikan, dia dinyatakan tertular virus Corona.

"Benar (Gubernur Kepri positif Corona). Penelusuran sementara bahwa ini terjadi penularan di antara ajudan di Jakarta," ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Cecep Yudiana, saat dihubungi, Sabtu (1/8).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3