Pemerkosaan di Bintaro Terungkap 1 Tahun, Update Penyidikan Jadi Sorotan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 21:26 WIB
Terekam CCTV, Ini Sosok Diduga Pelaku Pemerkosa Perempuan di Bintaro
Terekam CCTV, Ini Sosok Diduga Pelaku Pemerkosa Perempuan di Bintaro (Instagram)
Jakarta -

Korban pemerkosaan di Bintaro, Tangerang Selatan, AF (24), mengalami trauma berat atas kejadian yang menimpanya. Korban bahkan sampai memutuskan pindah rumah untuk membuang kenangan pahit tersebut.

Psikolog forensik Reza Indragiri Amriel menyoroti soal hak-hak korban dalam penanganan kasus tersebut. Menurutnya, kasus yang punya efek traumatis terhadap korban harus ditangani dengan cepat.

"Kegemparannya tampaknya bukan lagi sebatas pada kejadian perkosaannya, tapi juga pada proses penegakan hukumnya ya," kata Reza kepada wartawan, Rabu (12/8/2020).

"Padahal, kalau penanganan di tingkat Polres terkendala, semestinya kasus segera ditarik ke Polda. Apalagi kejahatan kekerasan yang efek traumatisnya luar biasa," tambahnya.

Dia memahami pengungkapan sebuah kasus tidak selalu berjalan mudah. Namun, menurutnya, hak-hak korban perlu diperhatikan.

"Pengungkapan kasus memang tidak selalu mudah. Tapi imbasnya adalah korban boleh jadi terabaikan hak-haknya akibat tidak adanya kepastian hukum. Hak restitusi, hak menyaksikan pelaku dikenai sanksi pidana, hak rehabilitasi, dan lainnya," ujarnya.

Reza kemudian menyoroti soal makin dibutuhkannya Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) sebagai update penyidikan bagi pelapor. Menurutnya, informasi perkembangan penanganan kasus sudah semestinya diberikan kepada korban secara berkala.

"Pada penanganan kasus-kasus yang--anggaplah--rumit itulah, SP2HP semakin nyata dibutuhkan. Polisi secara berkala seharusnya menginformasi perkembangan, termasuk kendala, penanganan kasus kepada korban. Juga untuk kasus-kasus yang kadung menjadi perhatian publik, ada baiknya hal yang sama juga disampaikan ke masyarakat. Toh masyarakat juga punya kepentingan: apakah si pemerkosa masih bergentayangan atau sudah diamankan?" kata Reza.

Selanjutnya
Halaman
1 2