Kejagung: Pinangki Diduga Kondisikan PK Djoko Tjandra

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 20:08 WIB
Jaksa Pinangki
Jaksa Pinangki (Foto: dok istimewa/MAKI)
Jakarta -

Jaksa Pinangki Sirna Malasari ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan menerima suap terkait Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra. Kejagung menyebut Pinangki turut berperan untuk mengkondisikan PK Djoko Tjandra.

"Keberhasilan Terpidana Djoko Soegiarto Tjandra masuk ke dalam negeri dan kemudian mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan diduga ada peran Tersangka PSM (Pinangki) untuk yang mengkondisikan dan mengatur upaya hukum PK tersebut," kata Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono, dalam keterangannya, Rabu (12/8/2020).

Tak hanya itu, Pinangki juga melakukan pertemuan dengan terpidana Djoko Tjandra di Malaysia bersama-sama dengan pengacaranya, Anita Kolopaking. Pertemuan itu diduga untuk keperluan koordinasi dan pengkondisian keberhasilan PK terpidana Djoko Soegiarto Tjandra yang dijanjikan hadiah atau pemberian sebanyak USD 500.000.

Sebelumnya Pinangki ditetapkan Kejagung sebagai tersangka pada Selasa (11/8). Pinangki juga langsung ditangkap dan ditahan untuk 20 hari pertama.

"Setelah (Pinangki) ditetapkan tersangka, kemudian tim penyidik melakukan penangkapan," ujar Hari.

Tim penyidik masih menelusuri dugaan penerimaan suap jaksa Pinangki. Namun Kejagung menyebut dugaan penerimaan suap sekitar USD 500 atau sekitar Rp 7 miliar.

Pinangki dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf b UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Pinangki terancam hukuman pidana maksimal 5 tahun penjara.

(yld/dhn)