Pertamina Perketat Pencegahan COVID-19 hingga ke Keluarga Pekerja

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 19:08 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

Pertamina membuat gerakan gotong royong yang melibatkan seluruh pekerja, mitra kerja, dan keluarganya. Diinisiasi oleh jajaran direksi, Pertamina Grup memotivasi seluruh pekerjanya untuk menjadi Covid Ranger.

VP Corporate Communication Fajriyah Usman menjelaskan Pertamina meyakini pencegahan penyebaran COVID-19 harus dilakukan serempak dan bersama-sama, mulai dari diri sendiri hingga ke lingkungan sosial, yaitu keluarga maupun rekan kerja dan mitra kerja.

"Jadi Pertamina tidak hanya menerapkan protokol pencegahan COVID-19 dalam operasional perusahaan saja. Namun juga menugaskan para pekerjanya untuk tetap melaksanakan protokol-protokol tersebut dalam kegiatan sehari-harinya, meski hanya di rumah saja," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (12/8/2020).

Menurutnya hal ini penting karena jika pekerja menerapkan perilaku pencegahan COVID-19 yang baik di rumah masing-masing, maka akan meminimalisir risiko penularan virus di tempat kerja. Arahan mengenai gotong royong memerangi pandemi ini langsung disampaikan langsung oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati kepada seluruh pekerja Pertamina Group.

"Bisa dikatakan ini adalah upaya berlapis sehingga yang terjaga kesehatannya bukan pekerja saja, namun juga rekan kerja di kantor dan keluarga di rumah. Bahkan sekarang kami mendorong pekerja menjadi motor yang memotivasi tetangga maupun saudara terdekatnya agar menerapkan protokol pencegahan COVID-19 yang baik dan benar juga," tambahnya.

Monitoring penerapan protokol tersebut dilakukan secara ketat oleh atasan pekerja masing-masing. Pertamina juga menyediakan Hotline Pusat Layanan Medis untuk pekerja dan keluarganya, serta menerapkan geotagging yang termonitor secara harian untuk seluruh pekerjanya.

Beberapa protokol yang harus diterapkan oleh pekerja Pertamina antara lain, menggunakan masker dengan benar, rajin mencuci tangan, melakukan etika batuk dan bersin, meminimalisir bepergian ke luar rumah, menjaga jarak saat di luar rumah, serta menerapkan pola hidup sehat.

(prf/ega)