Ketum PAN Serahkan SK Dukung Gibran: Dia Pilihan Terbaik

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 15:43 WIB
Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa terima SK dukungan PAN
Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa terima SK dukungan PAN. (Sachril/deticom)
Jakarta -

PAN resmi mendukung Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020. Ketum PAN Zulkifli Hasan sempat menyinggung putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu merupakan pilihan terbaik yang layak didukung.

Setelah menerima surat keputusan (SK) dukungan dari Partai Golkar, Gibran mendatangi PAN. Gibran, yang datang bersama pasangannya, Teguh Prakosa, juga menerima rekomendasi dukungan untuk Pilkada Solo 2020.

Pemberian SK dukungan untuk Gibran-Teguh diberikan langsung oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra IV No 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2020). Selain Zulkifli Hasan, jajaran PAN yang turut hadir dalam pemberian SK ini di antaranya Sekjen PAN Eddy Soeparno dan Waketum PAN Yandri Susanto.

"Mas Gibran salah satu contoh pemimpin muda, ya. Yang ingin berbuat untuk berbuat untuk masyarakat tempat kelahirannya. Sebagai individu ya sudah selesai. Prestasinya kita tahu, ada milik? Perusahaan, sudah ngurus orang, sudah biasa ngurus organisasi, pengusaha sukses, pengalaman, walaupun muda pengalaman banyak. Dan ingin mengabdi untuk kota kelahirannya, Surakarta," ungkap Zulkifli Hasan saat memberikan SK dukungan PAN untuk Gibran-Teguh.

Wakil Ketua MPR itu menyatakan Gibran merupakan pilihan terbaik di Solo. Karena alasan itu, kata Zulkifli, PAN memutuskan mendukung anak sulung Jokowi itu.

"Kita harus menyodorkan pemimpin yang terbaik. Kami menganggap Gibran ini pilihan terbaik untuk Surakarta. Muda, sukses, punya pengalaman, sudah bisa me-managed, dan sebagainya, dan regenerasi itu suatu keharusan, maka kami putus pada Saudara Gibran," tuturnya.

"Dan sekali lagi tugas parpol itu menyediakan, menyiapkan agar publik punya pilihan terbaik. Nah saudaraku, Gibran layak didukung dalam proses ini, PAN melihat Gibran sebagai salah satu calon pemimpin, tadi perlu kita sampaikan, sodorkan, walaupun tetap pada akhirnya Mas Gibran, rakyat Surakarta yang akan menentukan," lanjut Zulkifli Hasan.

Dukungan dari PAN menambah kekuatan untuk Gibran-Teguh melaju di Pilkada Solo 2020. Setelah mendapat dukungan dari PDIP dan Gerindra, hari ini Gibran-Teguh menerima rekomendasi resmi dukungan dari Golkar dan PAN.

Di Solo, PDIP memiliki kekuatan mayoritas dengan memiliki 30 kursi di DPRD. Modal dari kursi PDIP saja sudah cukup untuk menjadi syarat pendaftaran ke KPUD Solo.

Gerindra, Golkar, dan PAN masing-masing memiliki 3 kursi di DPRD Solo. Sementara itu, PSI, yang memiliki 1 kursi, juga sudah menyatakan dukungan.

(elz/gbr)