Dukung Gibran, Airlangga: Simbol Kerja Sama Golkar-PDIP

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 14:41 WIB
Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, menyambangi kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (11/8/2020). Gibran datang untuk menerima secara langsung surat keputusan (SK) dukungan dari Golkar dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo dalam Pilkada Serentak 2020.
Airlangga dan Gibran (Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan surat keputusan (SK) dukungan kepada putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka di Pilwalkot Solo 2020. Airlangga mengatakan penyerahan SK dukungan kepada Gibran menjadi simbol kerja sama Golkar dan PDI Perjuangan di Pilkada Serentak 2020.

"Pada pertemuan ini Partai Golkar menyerahkan surat dukungan kepada Mas Gibran dan Mas Teguh untuk maju dalam Pilkada di Solo. Dengan diserahkan ini dan dihadiri Gibran, ini adalah simbol dari kerja sama Partai Golkar dan PDIP," kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Nelly Murni, Jakarta Barat, Rabu (12/8/2020).

Airlangga mengatakan dalam Pilkada 2020 ini Golkar melakukan koalisi terbanyak dengan PDIP. Dia berharap dukungan Golkar bisa memenangkan Gibran-Teguh di Solo.

"Seperti yang disampaikan Mas Hasto Sekjen PDIP, kerja sama Golkar-PDIP ini adalah yang terbanyak dan koalisi terbanyak Partai Golkar juga dengan PDIP. Dengan demikian simbolisme ini diwujudkan dengan mendukung Gibran di Solo," ujar Airlangga.

"Insyallah dengan dukungan Partai Golkar dan partai lain, Gibran bisa memenangkan Pilkada di Solo," tambahnya.

Rencananya, setelah menyambangi DPP Golkar, Gibran akan bertemu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Pertemuan itu akan berlangsung di rumah dinas Wakil Ketua MPR RI, Jakarta.

Seperti diketahui, Gibran Rakabuming Raka mengantongi dukungan 'gajah' di Pilkada Solo 2020. Berpotensi hanya menjadi calon tunggal di Pilwalkot Solo, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pun 'ditantang' kotak kosong.

Pada Pilwalkot Solo 2020, Gibran berpasangan dengan Teguh Prakosa. Keduanya sudah mendapat dukungan dari PDI Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra hari ini menyusul Gokar.

Di Solo, PDIP memiliki kekuatan mayoritas dengan memiliki 30 kursi di DPRD. Dengan tambahan dari Gerindra, Gibran-Teguh sudah mengantongi 33 kursi.

Meski belum resmi, 2 partai lain sudah menyatakan mendukung putra sulung Presiden Jokowi itu. Ketiga partai itu adalah PAN dengan masing 3 kursi di DPRD, serta PSI yang memiliki 1 kursi.

Tonton video 'Gibran Hadiri Rapat Pleno DPD PAN soal Penetapan Calon Kepala Daerah':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)