Pilkada Solo, Airlangga Serahkan SK Dukungan Golkar ke Gibran Rakabuming

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 13:20 WIB
Gibran sambangi Kantor DPP Corona (Arun/detikcom)
Gibran menyambangi kantor DPP Golkar. (Arun/detikcom)
Jakarta -

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, menyambangi kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat. Gibran datang untuk menerima secara langsung surat keputusan (SK) dukungan dari Golkar dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo dalam Pilkada Serentak 2020.

Pantauan detikcom, Rabu (12/8/2020), di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta Barat, Gibran tiba pukul 13.05 WIB. Pendamping Gibran di Pilwakot Solo, Teguh Prakosa, tiba terlebih dahulu pada pukul 12.55 WIB. Gibran terlihat mengenakan pakaian putih dengan masker dan face shield.

Gibran dan Teguh disambut Waketum DPP Golkar Nurul Arifin dan perwakilan Golkar lainnya. Putra sulung Presiden Jokowi itu tampak melakukan salaman khas Corona dengan perwakilan Golkar. SK dukungan Golkar itu diserahkan langsung oleh Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Ketum Golkar Airlangga Hartarto beri rekomendasi dukungan Golkar ke Gibran RakabumingKetum Golkar Airlangga Hartarto memberi rekomendasi dukungan Golkar kepada Gibran Rakabuming. (Foto: dok. Istimewa)

Rencananya, setelah menyambangi DPP Golkar, Gibran akan bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Pertemuan itu rencananya berlangsung di rumah dinas Wakil Ketua MPR RI, Jakarta.

Seperti diketahui, Gibran Rakabuming Raka mengantongi dukungan 'gajah' di Pilkada Solo 2020. Berpotensi hanya menjadi calon tunggal di Pilwalkot Solo, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pun 'ditantang' kotak kosong.

Pada Pilwalkot Solo 2020, Gibran berpasangan dengan Teguh Prakosa. Keduanya sudah mendapat dukungan dari PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra.

Di Solo, PDIP memiliki kekuatan mayoritas dengan memiliki 30 kursi di DPRD. Dengan tambahan dari Gerindra, Gibran-Teguh sudah mengantongi 33 kursi.

Meski belum resmi, tiga partai lain sudah menyatakan mendukung putra sulung Presiden Jokowi itu. Ketiga partai itu adalah PAN dan Golkar dengan masing-masing 3 kursi di DPRD, serta PSI yang memiliki 1 kursi.

(imk/imk)