Round-Up

Kala Anies Bicara 'Kebijakan Intoleransi' Tuai Sorotan Anggota Dewan

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 22:53 WIB
Anies Baswedan (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Anies Baswedan (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan blak-blakan meminta publik menunjukkan kebijakannya yang intoleransi. Pernyataan Anies panen sorotan dari anggota DPRD DKI Jakarta.

Awalnya, permintaan tersebut disampaikan Anies dalam acara Indonesia Leaders Talk Memoar Pilkada DKI 2017. Anies ketika itu meminta publik membuktikan apakah ada kebijakannya yang bersifat intoleran.

Menurut Anies, baru kali ini dirinya menyatakan hal tersebut.

"Setelah 2 tahun saya di Jakarta, baru saya tawarkan pertanyaan balik, tolong ditunjukkan selama 2 tahun ini kebijakan mana yang intoleran, tolong ditunjukkan, kebijakan mana yang diskriminatif, tolong ditunjukkan fakta mana yang bisa membenarkan imajinasi bahwa gubernur dan pemerintahan adalah gubernur pemerintahan intoleran," ujar Anies dalam acara Memoar Pilkada DKI 2017 yang disiarkan di Channel YouTube Mardani Ali Sera seperti dilihat detikcom, Senin (10/8).

Sontak pernyataan Anies melahirkan tanggapan yang beragam dari kalangan anggota dewan. Mereka satu per satu angkat suara soal pernyataan Anies itu.

Berikut ini ragam sorotan dari anggota dewan saat Anies bicara 'kebijakan intoleransi':

PKS: Itu Respons Serangan terhadap Anies

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera berpendapat pernyataan itu untuk merespons serangan-serangan terhadap Anies di media sosial soal intoleransi.

"Bagus bagian dari 'serangan' ke Mas Anies sering dianggap intoleran. Mas Anies justru di forum yang tepat meminta pada mereka yang menuduhnya intoleran untuk menyampaikan kebijakan dan program mana yang intoleran," ujar Mardani saat dihubungi, Selasa (11/8/2020).

"Ini contoh baik bagaimana kepala daerah merespons terhadap diskursus yang berkembang di medsos. Ini sehat bagi demokrasi," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3