Round-Up

Sentilan Jokowi untuk Provinsi yang 70% Warganya Tak Bermasker

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 22:04 WIB
Presiden Jokowi menggelar rapat penanganan COVID-19 di Jabar.
Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram terhadap masyarakat yang tidak memakai masker di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini. Dia menyebut ada provinsi di Pulau Jawa yang 70 persen warganya tidak bermasker.

"Survei-survei yang kita lakukan, saya nggak menyebut provinsinya, 70% belum memakai masker," kata Presiden Jokowi dalam sambutan di kegiatan peninjauan posko penanganan COVID-19 Jawa Barat, Bandung, disiarkan langsung oleh kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/8/2020).

Jokowi memang tidak menyebut provinsi mana yang 70% warganya tidak mengenakan masker. Namun, Jokowi memberikan petunjuk umum, daerah itu berada di Jawa.

"Ini di satu provinsi di Jawa. Ini (70%) sebuah angka yang besar sekali," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pemakaian masker menjadi kunci protokol kesehatan untuk menghindari Corona. Jokowi meminta seluruh jajaran, baik Satgas maupun Pemda, bekerja optimal menangani masalah terkait masker.

"Saya harapkan dari Pangdam beserta seluruh jajaran, Polda seluruh jajarannya juga mem-backup terutama dalam kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. Utamanya lagi penggunaan masker, utama urusan masker ini, di samping tentu saja yang berkaitan dengan jaga jarak, cuci tangan, tidak berada dalam kerumunan jumlah banyak, tapi masker menjadi kunci," ujar Jokowi saat meninjau Posko Penanganan COVID-19 Provinsi Jabar, Bandung, Selasa (11/8).

Selanjutnya
Halaman
1 2