Filipina Lampaui Jumlah Tes Corona RI, Wiku: Kami Tak Akan Kalah

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 16:47 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.
Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Media asing menyebut jumlah tes Corona di Filipina kini melampaui Indonesia. Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menegaskan Indonesia tak akan kalah dalam meningkatkan tes Corona.

"Perlu kami sampaikan bahwa semua negara sedang berlomba untuk meningkatkan tesnya dan ternyata Filipina telah berhasil melampaui Indonesia," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan Setpres di YouTube, Selasa (11/8/2020).

"Selamat buat Filipina dan Indonesia tentunya tak akan kalah untuk meningkatkan itu dan kita sedang berusaha keras," kata Wiku.

Wiku menegaskan peningkatan jumlah tes Corona ini bakal menemukan lebih banyak kasus positif. Namun Wiku menyebut yang terpenting dari ini adalah angka tingkat positif Coronanya.

"Dan harapannya dengan peningkatan testing, maka kasusnya yang akan ketemu harusnya akan lebih banyak namun yang paling penting adalah positivity rate atau tingkat positifnya," ucap Wiku.

Pada Kamis, 6 Agustus 2020, kasus positif Corona di Filipina dilaporkan jadi yang terbanyak di Asia Tenggara. Filipina melampaui jumlah kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia.

Berdasarkan data yang diunggah dan dipublikasikan di situs John Hopkins University & Medicine, dilaporkan ada 119.460 kasus COVID-19 di Filipina. Indonesia ada satu strip di bawah Filipina dengan kasus COVID-19 sebanyak 118.753.

(gbr/jbr)