Pemerintah Harap Daerah Lain Bisa Tiru Kemampuan Tes Corona Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 16:37 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Pemerintah menyadari ada ketimpangan kemampuan tes Corona antara Jakarta dan daerah lain. Satgas Penanganan COVID berharap daerah lain bisa meniru kemampuan Jakarta yang sudah melakukan tes 43.000 per satu juta penduduk dalam sepekan.

"Hal ini sedang dilakukan oleh berbagai daerah di Indonesia. Harapannya, untuk bisa meniru apa yang terbaik yang sudah dilakukan di Jakarta," ujar juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Selasa (11/8/2020).

Menurut Wiku, Jakarta memiliki kemampuan lebih daripada daerah lain. Baik secara infrastruktur maupun sumber daya manusia.

"Kita perlu sadari kemampuan daerah bervariasi satu daerah ke daerah lain. DKI Jakarta memiliki kemampuan cukup tinggi dari laboratorium, SDM-nya, melakukan testing, active finding, sehingga mereka bisa menemukan kasus lebih banyak, bisa melakukan, tes lebih banyak, sehingga bisa memenuhi atau melebihi standar WHO," ujar Wiku.

Diketahui, pemerintah memeriksa lebih dari 25 ribu spesimen pada 11 Agustus 2020. Berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Selasa (11/8), ada 25.791 spesimen yang diperiksa.

Dari pemeriksaan itu, kasus positif virus Corona di Indonesia per 11 Agustus 2020 bertambah 1.693. Dengan penambahan tersebut, total kasus positif virus Corona di Indonesia hari ini menjadi 128.776.

(aik/gbr)