Penembakan di Tangerang Direncanakan 3 Tersangka, Aksi Tiap Sabtu Malam

Jehan Nurhakim - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 16:15 WIB
3 Pelaku Penembakan di Tangerang Ditetapkan Sebagai Tersangka dan Ditahan
Foto: Jehan Nurhakim/detikcom
Jakarta -

Polisi menyebut aksi penembakan di Tangerang yang dilakukan tiga tersangka sudah direncanakan. Para tersangka memilih melakukan aksi penembakan itu setiap malam Minggu atau Sabtu malam.

"Ini menjadi perencanaan mereka bertiga dan mereka sudah bersepakat bahwa setiap malam Minggu mereka akan beraksi," kata Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Setiawan dalam jumpa pers di Polres Tangsel, Selasa (11/8/2020).

Iman mengatakan para tersangka punya alasan khusus memilih waktu Sabtu malam untuk melakukan penembakan. Para tersangka berdalih pada Sabtu malam banyak pelaku balapan liar.

"Alasan (melakukan aksi penembakan Sabtu malam) mereka biar membubarkan yang kebut-kebutan," kata Iman.

Namun alasan para tersangka ini tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Pasalnya, para korban yang ditembaki bukanlah pelaku balapan liar.

"Mereka mengaku tidak senang melihat ada yang balap liar. Tapi ini tidak sesuai fakta yang kita temukan, karena teman-teman yang menjadi korban ini bukan pelaku balap liar. Ada yang sebagai pedagang dan mahasiswa," jelas Iman.

Iman mengatakan aksi penembakan ini dilakukan ketiga tersangka sejak Juni 2020. Selama tiga pekan terakhir ini, mereka melakukan aksi penembakan di tujuh TKP di Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Ketiga tersangka adalah CHA (19), CLA (19), dan EV (27). CHA dan CLA adalah saudara kembar, sedangkan EV adalah sepupu dari keduanya.

EV merupakan pemilik airsoft gun sekaligus eksekutor. Sedangkan CLA dan CHA sebagai pengemudi mobil dan penunjuk target.

Saat ini ketiganya ditahan di Polres Tangsel. Ketiga tersangka dijerat Pasal 170 KUHP dan/atau Undang-Undang Darurat No 12 Tahun 1951 tentang kepemilikan airsoft gun.

Tonton video 'Pengakuan Aneh Pelaku Penembakan Misterius di Tangsel':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)