Diviralkan Mirip Salib, Ini Makna Desain di Spanduk HUT RI

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 13:50 WIB
Logo HUT ke-75 RI
Desain spanduk/billboard HUT ke-75 RI. (Foto: dok. ist)
Jakarta -

Salah satu ormas di Solo memprotes desain spanduk HUT kemerdekaan ke-75 RI karena disebut mirip simbol salib. Sejumlah pengguna media sosial juga menyuarakan hal serupa. Desain yang diprotes merupakan desain resmi yang dikeluarkan pemerintah pusat. Ali Mochtar Ngabalin dari Kantor Staf Presiden menegaskan desain tersebut bukanlah salib.

Ormas tersebut sudah menyampaikan protesnya kepada Pemkot Solo beberapa waktu lalu. Spanduk tersebut terpasang di sejumlah titik di Kota Solo.

"Sudah kami sampaikan kepada Pemkot Solo agar sebaiknya mengganti desain spanduk tersebut dengan desain lainnya," kata perwakilan ormas, Endro Sudarsono kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Apa makna desain yang disoal ini?

detikcom sudah mengkonfirmasi perihal desain spanduk HUT ke-75 RI kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Kemensetneg menjelaskan, makna desain sudah tercantum di berkas 'Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 & Pedoman Visual Penggunaan' yang dapat diunduh di situs setneg.go.id.

"Arti dan makna logo dan turunan ada di pedoman visual di atas," kata Sekretaris Kemensetneg Setya Utama lewat pesan singkat.

Tonton video 'Masyarakat Diminta Berdiri Tegak Pada 17 Agustus Pukul 10.17 WIB':

[Gambas:Video 20detik]