PDIP Usung Istri Eks Bupati Taufan Gama di Pilkada Asahan

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 12:32 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Ilustrasi Pilkada (Foto: Zaki Alfarabi-detikcom)
Asahan -

PDIP telah mengumumkan jagoannya untuk maju sebagai calon kepala daerah di sejumlah Pilkada, termasuk Asahan. Di Asahan, PDIP memberi rekomendasi dukungan ke Rosmansyah dan Winda Fitrika sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Asahan.

Pengumuman ini digelar secara virtual, Selasa (11/8/2020). Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hadir. Sementara, nama-nama bakal calon yang mendapat dukungan dibacakan Ketua DPP PDIP Bidang Politik, Puan Maharani.

"Pada hari ini kita masuk pada tahap ketiga pengumuman calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah. Saya akan bacakan 75 calon dari PDIP di seluruh Indonesia dari timur sampai ke barat," kata Puan saat membacakan rekomendasi," ucap Puan.

Rosmansyah yang didukung PDIP sebagai bakal calon Bupati Asahan merupakan kader PDIP dan menjabat sebagai Pimpinan DPRD Asahan dari Fraksi PDIP. Sementara, Winda Fitrika adalah istri dari almarhum Taufan Gama Simatupang yang merupakan mantan Bupati Asahan.

Sejauh ini, Rosmansyah-Winda juga mendapat dukungan dari Hanura dan PDIP. Gabungan kedua partai ini memiliki sembilan kursi di DPRD Asahan. Artinya, paslon ini telah memenuhi syarat minimal dukungan untuk mendaftar sebagai bakal paslon bupati-wakil bupati Asahan.

Rosmansyah-Winda diprediksi bakal berhadapan dengan Bupati petahana, Surya. Sejauh ini, Surya digadang-gadang maju Pilkada Asahan bersama Taufik Zainal Abidin.

(haf/haf)