SBY: Pandai-pandailah Mengalokasikan APBN, Apalagi Tambah Utang

Sachril Agutin Berutu - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 02:21 WIB
SBY kembali menciptakan lagu yang bertujuan untuk memberikan semangat di tengah pandemi virus corona COVID-19. Lagu ini pun dinyanyikan oleh sederet penyanyi Tanah Air. Mulai dari Yuni Shara, Sandhy Sondoro, hingga Lala Karmela. Seperti apa?
SBY (Foto: 20detik)

SBY mengatakan alokasi anggaran saat pandemi untuk menghentikan krisis. Serta difokuskan kepada anggaran untuk kesehatan.

"Mustinya alokasinya untuk stop krisis. Dialirkan ke dunia kesehatan, APD-nya, kemudian pelayanan kesehatannya, semua, seluruh tanah air, agar semakin sedikit, semakin sedikit semakin sedikit maka akhirnya nol nantinya, insya Allah, itu anggaran yang pertama," lanjutnya.

Dia menambahkan ada banyak pengangguran saat pandemi virus Corona ini. Presiden ke-6 RI ini menyebut, pemerintah bisa melakukan bantuan sosial (bansos) dan bantuan langsung tunai (BLT) ke masyarakat.

"Yang ketiga, memang ekonomi harus dibangkitkan. Tiongkok sekarang contoh, UMKM dibantu. Kemudian semua yang sudah mati suri dibantu. Yang kira-kira akan PHK besar-besaran dikasih insentif, supaya tidak PHK. Jadi banyak program yang bisa dilakukan agar terjadi kebangkitan ekonomi, terjadi stabilisasi ekonomi," jelas dia.

SBY menambahkan APBN akan lebih efektif bila dialokasikan untuk mengatasi wabah COVID-19.

"Nanti setelah ekonomi kita bergeliat kembali, bangkit kembali, baru dialokasikan kembali yang lain-lain. Jadi tetap disiplin, kita punya pengalaman di waktu yang lalu. Pemerintah tidak disiplin, terjadi krisis ekonomi. Negara lain juga begitu," tandas SBY.

Halaman

(lir/lir)