Polisi: Anji Diperiksa soal Tujuan Sebar Video Hadi Pranoto soal 'Obat Corona'

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 00:57 WIB
Pakai Masker, Anji Tiba di Polda Metro untuk Pemeriksaan soal Obat Corona
Foto: Anji penuhi panggilan polisi (Yogi Ernes)
Jakarta -

Musisi Anji memenuhi panggilan polisi terkait kasus dugaan penyebaran berita bohong terkait video wawancara Hadi Pranoto soal 'obat Corona'. Dalam pemeriksaan itu Anji ditanyai sejumlah pertanyaan, salah satunya soal tujuan menyebarkan video tersebut di channel YouTube 'dunia MANJI'.

"Inti pemeriksaan sebenarnya sudah kita ketahui sesuai laporan, biasanya ditanyakan maksud dan tujuannya menyebarkan melalui akunnya kegiatan (wawancara) pada saat itu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (10/8/2020).

Yusri mengatakan Anji diperiksa sebagai saksi di kasus itu. Dia mengatakan setelah ini pihaknya akan segera melayangkan surat pemanggilan kepada Hadi Pranoto untuk menjalani pemeriksaan.

"Kita tunggu hasil pemeriksaan dari sini, secepatnya kita layangkan (surat pemanggilan) cepat," ujar Yusri.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemeriksaan musisi Anji di kasus dugaan penyebaran berita bohong terkait klaim 'obat Corona' Hadi Pranoto telah berlangsung sekitar 10 jam. Selama pemeriksaan, Anji dicecar 45 pertanyaan oleh penyidik.

"Saya baru pertama kali dilaporkan seperti ini dan baru pertama kali menjalani pemeriksaan seperti ini. Dari tadi mulai jam 10 pagi, istirahat satu kali jam makan siang jam 12. Lalu tadi ada total sekitar 45 pertanyaan," kata Anji.

Anji menjelaskan dari 45 pertanyaan yang ditanyakan penyidik, mayoritas menggali terkait biodata dirinya serta kronologi kegiatan wawancara dirinya dengan Hadi Pranoto.

"Jadi dari 45 pertanyaan yang jelas pertanyaan di awal adalah pertanyaan tentang identitas saya. Maksudnya biodata, jati diri. Lalu selebihnya akun YouTube saja, akun 'dunia MANJI'. Kemudian tentang kronologi kejadian ketika wawancara. Intinya adalah materi pokok perkara," sebut Anji.

(mea/mea)