Video Klarifikasi Disebut Upaya 'Buang Badan', Begini Respons Anji

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 00:23 WIB
Anji
Foto: Anji diperiksa di Polda Metro (Hanif Hawari)
Jakarta -

Musisi Anji membuat video klarifikasi setelah wawancaranya dengan Hadi Pranoto di akun YouTube 'dunia MANJI' menuai pro kontra. Dalam video tersebut Anji menyampaikan permintaan maaf dan menyatakan siap menjalin kerja sama dengan pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait sosialisasi penanganan virus Corona.

Belakangan, video klarifikasi tersebut dinilai sebagai upaya Anji untuk 'buang badan' dari jeratan hukum. Apa kata Anji?

"Saya ditanya, saya dilaporkan, jadi saya menjawab sesuai dengan apa yang ditanyakan oleh penyidik. Jadi saya rasa pertanyaan itu spekulasi yang terlalu jauh," kata Anji usai diperiksa di Polda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Senin (8/8/2020) malam.

Sementara kuasa hukum Anji, Milano Lubis menepis anggapan tersebut. Milano menyebut bahwa klarifikasi kliennya murni untuk meluruskan apa yang tengah ramai diperbincangkan publik.

"Sebenarnya bukan buang badan, tapi memang faktanya seperti itu. Jadi tidak ada istilah buang badan," sebut Milano Lubis.

Milano juga membantah anggapan dari pelapor, CEO Cyber Indonesia Muannas Alaidid yang menyebutkan Anji tidak mempercayai rapid test hingga swab test. Dia menegaskan pernyataan itu tidak pernah keluar dari mulut kliennya.

"Sampai dari pihak pelapor sampai ada pemikiran-pemikiran dari pelapor yang bilang Anji tidak pro sosial distancing, tidak menggunakan masker. Tidak pernah ada omongan itu dari Anji," sebut Milano.

Seperti diketahui, usai video wawancaranya dengan Hadi Pranoto mendapatkan kecaman publik, beberapa hari kemudian Anji mengunggah video klarifikasi. Dalam video tersebut Anji meminta maaf dan mengaku belum mengenal Hadi Pranoto sebelumnya.

"Saya Anji, ingin meminta maaf kepada semua pihak karena kegaduhan yang terjadi. Perihal tersebut saya akan jelaskan beberapa hal. Pertama, saya belum mengenal Bapak Hadi Pranoto sebelumnya," ucap Anji dalam video klarifikasi di akun YouTube miliknya, Kamis (6/8).

Anji mengatakan ketertarikan dirinya mewawancarai Hadi Pranoto ialah karena dia melihat harapan atas klaim 'obat Corona' yang diaku oleh Hadi Pranoto.

"Lalu hal lainnya saya tidak pernah berniat menyinggung dunia kedokteran dan tenaga kesehatan. Seperti yang saya sebutkan di atas, saya sebagai warga negara Indonesia, saya merasa ada harapan untuk melewati pandemi ini dari beberapa harapan yang disampaikan oleh Hadi Pranoto," ujarnya.

(mea/mea)