Jelajah Merah Putih Sambut HUT RI, Kapolda Bagi Sembako ke Pelosok Kalteng

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 22:32 WIB
Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo menyalurkan bansos ke warga di pelosok
Foto: Dedi mengatakan dirinya telah menempuh perjalanan sepanjang ratusan kilometer untuk menyalurkan bantuan dari Presiden Jokowi dan Polri (dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Dedi Prasetyo menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75 dengan menggelar kegiatan Jelajah Merah Putih. Kegiatan ini merupakan bagi-bagi sembako menggunakan mobil off road ke seluruh pelosok Kalteng.

"Jelajah Merah Putih adalah program keliling off road dan tujuannya menyalurkan bantuan sosial (bansos) dalam rangka Hari Kemerdekaan ke-75," kata Dedi dalam pesan singkatnya, Senin (10/8/2020).

Dedi mengatakan dirinya telah menempuh perjalanan sepanjang ratusan kilometer untuk menyalurkan bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Polri. Dedi menuturkan hingga saat ini masih banyak warga Kalteng yang tak tersentuh bansos di tengah pandemi Corona (COVID-19).

"Kita menyusuri beratus-ratus kilometer untuk menemui masyarakat yang memang mereka membutuhkan, serta jauh dari jangkauan baksos. Itu kita harus sentuh untuk menyalurkan bansos-bansos Polri dan dari Bapak Presiden secara langsung," jelas Dedi.

Jelajah Merah Putih dilakukan Dedi dan rombongan Polda Kalteng setiap akhir pekan. Dedi menambahkan, dari 14 kabupaten di Kalteng yang menjadi target sasaran pemberian bansos, dirinya sudah berkeliling ke 8 kabupaten.

"Saat ini situasi pandemi. Daripada kita santai-santai di rumah, lebih baik isi hari Sabtu, Minggu dan setiap hari Jumat berkah untuk memberikan langsung bantuan kepada warga. Besok kami ke satu kabupaten lagi, yaitu Kabupaten Barito Utara," sambung dia.

Dedi menerangkan akses ke desa-desa masih sulit dilalui ketika musim hujan. Dedi menyebut dulu masyarakat di pelosok, khususnya yang tinggal di tepi sungai mengandalkan transportasi dengan perahu.

Kini warga menggunakan jalur darat seiring dibukanya perkebunan sawit oleh perusahaan-perusahaan. Kendati jalan yang permukaannya masih tanah, lanjut Dedi, sulit dilewati masyarakat usai hujan turun

"Masih banyak jalan-jalan menuju desa-desa di kecamatan yang jalannya masih sulit ditembus oleh kendaraan-kendaraan biasa. Karena masyarakat dulunya melalui jalur sungai. Perkembangan saat ini di mana area-area sudah mulai banyak perkebunan sawit dan tambah jalan-jalan perusahaan berupa tanah itu menjadi akses bagi masyarakat. Apabila musim hujan maka menjadi sangat sulit untuk ditempuh," terang Dedi.

"Katingan, Gumas dan daerah aliran sungai di Barito yang masih berat jalan-jalan ke pelosok-pelosoknya sampai memerlukan waktu bisa puluhan jam," imbuh Dedi.

Dedi mencatat hampir 99 ribu paket sembako telah disalurkan oleh dirinya dan rombongan Jelajah Merah Putih. Dia mengatakan masih ada 10 ribu paket sembako lagi yang hendak didistribusikan ke warga.

"Sembakonya berupa beras 5 kg selama 3 bulan, kita salurkan kepada masyarakat di 14 kabupaten. Masih kurang lebih 10 ribu paket lagi yang akan didistribusikan selama Agustus, khususnya dalam rangka memperingati 17 Agustus nanti. Lalu masker hampir 1 juta sudah didistribusikan dan tambahan minyak goreng 10 ribu liter, dan untuk telur ayam sebanyak 5 ton," pungkas dia.

Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo menyalurkan bansos ke warga di pelosokKapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo menyalurkan bansos ke warga di pelosok Foto: dok. Istimewa
(aud/jbr)