PDIP Umumkan Dukung Ponakan Prabowo di Pilkada Tangsel Besok

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 21:13 WIB
Anggota Komisi VIII DPR Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Azizah-detikcom).
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Azizah/detikcom)
Jakarta -

PDIP akan mengumumkan rekomendasi untuk 75 calon kepala daerah di Pilkada 2020 besok. Selain Medan, tiket untuk pasangan Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) juga akan diumumkan esok hari.

"Iya (rekomendasi PDIP untuk Muhammad-Sara diumumkan besok)," kata Ketua DPC PDIP Tangsel Wanto Sugito kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo atau biasa disapa Sara adalah keponakan Menhan Prabowo Subianto. Sara, yang akan menjadi bakal calon wakil wali kota Tangsel, sebelumnya telah mendapatkan rekomendasi dari Partai Gerindra.

Sementara itu, Muhammad sebelumnya menjabat Sekda Kota Tangerang Selatan dan kini telah mengundurkan diri. Muhammad akan dikukuhkan sebagai kader PDIP dengan penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) bersamaan dengan hari pengumuman rekomendasi.

"Betul, besok penyematan jaket merah dan KTA (untuk Muhammad)," ujarnya.

Muhammad bersama Sara dijadwalkan akan hadir di kantor DPC PDIP Tangsel besok untuk mendengarkan pengumuman rekomendasi. Kader PDIP di Tangsel akan menyambut keduanya.

"Besok mereka hadir di DPC, sudah confirm. Kader PDI Perjuangan Tangsel siap sambut besok," ujar Wanto.

Sebelumnya diberitakan, Muhammad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo akan maju dalam Pilwalkot Tangsel 2020. Keduanya akan diusung PDIP dan Partai Gerindra.

Surat rekomendasi Muhammad-Sara dari PDIP juga sudah keluar, tapi belum secara resmi diumumkan. Dalam surat rekomendasi, Muhammad diusung sebagai calon wali kota, sedangkan Sara sebagai calon wakil wali kota.

"Soal Tangsel 100 persen surat (rekomendasi Muhammad-Sara) itu betul," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP, Bambang Wuryanto, di ruang Fraksi PDIP, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/7).

Partai Gerindra juga telah resmi mengusung Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sebagai bakal calon di Pilkada Tangsel 2020. Rekomendasi itu disampaikan langsung Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

"Saya dengan demikian sekarang di hadapan media dengan bangga saya menyerahkan rekomendasi ini untuk Drs Haji Muhammad sebagai bakal calon wali kota dan Mbak Rahayu Saraswati sebagai bakal calon wakil wali kota Tangsel," kata Prabowo kepada wartawan di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/7).

(azr/gbr)