Kalah dari Anak Ratu Tatu di Survei KPN, Ini Respons Tim Ponakan Prabowo

ADVERTISEMENT

Kalah dari Anak Ratu Tatu di Survei KPN, Ini Respons Tim Ponakan Prabowo

Bahtiar Rifa - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 11:55 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
(Foto: Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Tangerang Selatan -

Kajian Politik Nasional (KPN) merilis hasil survei Pilwlkot Tangerang Selatan. Hasilnya, pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan atau keponakan dari Ratu Atut Chosiyah mantan gubernur Banten unggul dari pasangan lain.

Pasangan Siti Nur Azizah-Ruhama Ben berada di posisi dua dan Muhamad-Rahayu Saraswati berada di posisi ketiga.

Timses pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati, Wanto Sugito menanggapi santai hasil survei tersebut. Meski begitu, hasil tersebut menjadi masukan bagi timnya.

"Mohon maaf bari dengar lembaga surveinya, kredibilitas lembaga survei jadi penting tapi tentu tidak bisa kita nafikan bahwa itu jadi pecutan kerja kita. Kita belum bisa membenarkan dan salahkan," kata Wanto saat dihubungi via telepon di Tangsel, Banten, Jumat (7/8/2020).

PIlkada Tangsel menurutnya akan dipengaruhi oleh figur dan kombinasi dari kekuatan partai. PDIP di pemilu legislatif lalu, memiliki perolehan 113 ribu lebih suara, Gerinda 111 ribu, Hanura dan Nasdem yang masing-masing 33 ribu dan 31 ribu. Hal ini jadi modal untuk pasangan Muhamad-Saras jika dikombinasikan dengan figur masing-masing.Ketua DPC PDIP Tangsel itu menuturkan koalisi partai masih terus bekerja meningkatkan elektabilitas pasangan Mahmud dan Rahayu Saraswati yang merupakan keponakan Prabowo Subianto.


Meski Muhamad yang seorang birokrat dan Saras yang mengemban nama keponakan Prabowo, cara pemenangan yang ia usung juga tetap turun ke basis elektoral. Survei hanya gambaran tapi yang penting adalah kandidat dan mesin politik yang turun ke lapangan dan mempengaruhi pemilih.

KPN melakukan survei dengan metode multistage random sampling kepada 440 responden di Tangsel di 17-24 Juli 2909. Margin error survei ini 4,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Gabungan dari perolehan elektabilitas, pasangan Benyamin-Pilar 37,5%, Siti Nur Azizah-Ruhama Ben 28% dan Muhammad-Rahayu Saraswati 26,2%.

(bri/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT