7 Adab Bangun Tidur Sesuai dengan Sunnah yang Dilakukan Rasulullah SAW

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 18:55 WIB
posisi tidur
Adab bangun tidur. Foto: iStock
Jakarta -

Tidur menjadi salah satu anugerah dan nikmat dari Allah SWT bagi manusia. Maka dari itu, dianjurkan untuk melakukan berbagai hal sesuai dengan apa yang diamalkan oleh Rasulullah SAW ketika bangun tidur.

Makna dari adab bangun tidur ini adalah supaya manusia senantiasa bersyukur kepada Allah SWT. Karena hidup dan mati hanyalah milik Allah SWT.

Ustaz Abdullah Gymnastiar atau AA Gym menyampaikan 7 adab bangun tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW:


7 Adab Bangun Tidur

1. Duduk dan mengusap wajah

Ibnu Abbas semoga Allah ridho kepadanya berkata, "Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah SAW bangun kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada diwajahnya dengan tangannya." (HR. Ahmad).

"Bangun lalu berdiri dan berjalan itu berbahaya. Pelajari betapa hikmah Rasulullah menganjurkan duduk, karena itu baik dan benar menurut ilmu kesehatan," ujar Aa Gym dalam channel YouTubenya Aa Gym Daily Vlog.

2. Doa

Bahwa Nabi Shallallahu'alaihi wasallam ketika bangun tidur beliau membaca:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan. (HR. Bukhari).

Dengan doa ini, kita sebagai manusia harus lebih banyak bersyukur. "Saudaraku sekalian, nikmat besar kita bisa bangun, berapa banyak yang tidur dan tidak pernah bangun lagi, alhamdulillah kita bisa bangun seperti ini berapa banyak yang tidak bisa duduk seperti ini," tutur Aa Gym.

Dengan membaca doa ini kita besyukur masih dihidupkan kembali oleh Allah SWT dan diberikan kesehatan jasmani dan juga rohani.

3. Membaca 10 Ayat Terakhir Surat Ali Imran

Ibnu Abbas berkata, "Beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuknya yang ada di wajahnya dengan tangannya. Kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran." (HR. Bukhari).

Surat Ali Imran ayat 190

إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ لَءَايَٰتٍ لِّأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ

Artinya: "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal," (QS. surat Ali Imran: 190)

Surat Ali Imran ayat 191

ٱلَّذِينَ يَذْكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَٰطِلًا سُبْحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Artinya: "(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka." (QS. surat Ali Imran: 191).

"Membaca surat Ali Imran ayat 190 dan seterusnya. Sesudah membaca sepuluh ayat, kalau belum hapal usahakan hapal," kata Aa Gym.

4. Mencuci Tangan

Cuci tanganlah tiga kali karena kita tidak tahu tangan ini darimana, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu'Anhu Rasulullah SAW bersabda: "Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada." (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Membersihkan Hidung

Adab bangun tidur yang dilakukan oleh Rasulullah SAW selanjutnya adalah membersihkan hidung. Masukkan air ke hidung (istinsyaq) tiga kali karena disinilah setan bisa berpangkalan selama kita tidur.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu'Anhu Rasulullah SAW bersabda:

"Apabila kalian bangun tidur maka bersihkan bagian dalam hidung tiga kali karena setan bermalam di rongga hidungnya." (HR. Bukhari dan Muslim).


6. Bersiwak atau Menggosok Gigi

"Nabi SAW apabila bangun maka beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak." (HR. Bukhari dan Muslim).


7. Berwudhu

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu'Anhu Rasulullah SAW bersabda:


"Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatannya ia mengatakan: "Malammu masih panjang, teruslah tidur". Maka jika orang tersebut bangun, kemudian ia berdzikir kepada Allah, tebukalah satu ikatan. Kemudian jika ia berwujud terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia sholat maka terbukalah seluruh ikatan. Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian, maka ia biasanya akan bangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas." (HR. Bukhari dan Muslim).


"MasyaAllah, kalau hari ini bangun tidur malam langsung sholat tahajud dan insyaAllah kebaikannya sangat banyak," pungkas Aa Gym.

(lus/erd)