Bacaan Doa Setelah Bangun Tidur Lengkap dengan Artinya

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 05:00 WIB
ilustrasi berdoa
Berdoa setelah bangun tidur. Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev
Jakarta -

Ketika bangun tidur di pagi hari, bangunlah sebelum adzan Subuh. Waktu sebelum Subuh adalah waktu mustajab untuk berdoa dan penuh dengan keberkahan.

Bangun ketika subuh pun dapat memberikan kita kesegaran tubuh yang maksimal karena udara masih sangat sejuk sehingga baik untuk paru-paru dan jantung. Tentu saja pikiran akan lebih tenang.

Selain membaca doa sebelum tidur, kamu juga perlu membaca doa ketika bangun tidur dan artinya:

Dilansir dalam buku '24 Jam Hidup dengan Doa dan Amal Harian Rasulullah' oleh Abu Bakar bin As-Sina. Apabila Rasulullah Saw bangun tidur, maka beliau berdoa:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Arab-latin: Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur
Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia "mematikan" kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan."


Muhammad bin'Abdullah bin Hafash At-Tusturi menceritakan kepada kami, Ya'qud bin Hamid bin Kasib menceritakan kepada kami, Syufan bin 'Uyainah menceritakan kepada Ibnu'Ajla (Muhammad) dari Sa'id Al-Maqbari, dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi Saw. Beliau bersabda,

"Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, maka doalah: Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan ruh kepadku, menyehatkan tubuhku, dan mempersembahkan aku untuk mengingat-Nya."

Adapun selain doa setelah bangun tidur, Rasulullah memiliki kebiasaan baik ketika bangun tidur, apa saja?

Buku berjudul "Berkata Baik atau Diam: 294 Adab Kebiasaan Rasulullah Saw", Rasulullah membasuh tangan setiap bangun tidur. Rasulullah Saw bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidur, maka hendaklah menuangkan (air) ke atas tangannya tiga kali sebelum dia memasukkan tangan ke dalam bejana, karena kalian tidak mengetahui tangan kalian berada ketika sedang tidur," (HR. Muslim)

Jadi, mulai hari ini jangan lupa ya membaca doa setelah bangun tidur sesuai dengan ajaran Islam.



(lus/erd)