Tak Terima Hartanya Dirampas Negara, Bos First Travel Segera Ajukan PK

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 14:38 WIB
Bos First Travel, Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan, tiba di PN Depok. Mereka akan menjalani sidang vonis kasus penipuan First Travel.
Foto ilustrasi. Bos First Travel, Andika Surachman (Lamhot Aritonang/detikcom)


Dasar-dasar pertimbangan pengajuan PK antara lain hubungan para bos First Travel dengan jemaah umroh adalah hubungan perdata, jauh sebelum perkara pidana diproses dan diputuskan. Secara hukum, setiap orang tidak dapat dipidana akibat hubungan perdata. Selain itu, para bos First Travel juga tidak terima dinyatakan melakukan penipuan.

"Merupakan sebuah kekeliruan jika para terpidana dihukum karena melakukan penipuan dengan program umroh promo Rp 14.300.000. Faktanya, para terpidana telah memberangkatkan 29.985 jemaah dari paket umroh promo sejak 16 November 2016 sampai 14 Juni 2017. Artinya, tidak ada niat dari para pemohon PK untuk melakukan penipuan," kata tim pengacara.

Andika Surachman divonis 20 tahun penjara, sedangkan istrinya, Anniesa Desvitasari Hasibuan, divonis 18 tahun penjara. Andika-Anniesa terbukti melakukan penipuan perjalanan umrah dan melakukan pencucian uang dari duit setoran jemaah umroh. Siti Nuraida Hasibuan, yang merupakan adik Anniesa, dijatuhi hukuman penjara 15 tahun dan denda Rp 5 miliar.

Halaman

(dnu/fjp)