Apollinaris Darmawan yang Diduga Menghina Islam, Ini Faktanya

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 14:18 WIB
Apollinaris Darmawan yang Diduga Menghina Islam, Ini Faktanya
Foto: Tangkapan layar Twitter @ApolDarmawan/Apollinaris Darmawan yang Diduga Menghina Islam, Ini Faktanya
Jakarta -

Nama Apollinaris Darmawan menjadi perbincangan warganet setelah mengunggah sejumlah materi ke media sosial yang menghina Islam. Unggahan tersebut berujung penangkapan pada pria berambut putih tersebut.

"Diamankan, sekarang di Sat Reskrim. Tentang akun yang viral itu," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya terkait penangkapan Apollinaris pada Sabtu (8/8/2020) malam. Proses penangkapan diketahui berlangsung di sekitar Jalan Jatayu, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung

Saat penangkapan, Apollinaris Darmawan tampak tidak mengenakan baju dan dikelilingi warga yang ada di lingkungan sekitar. Polisi segera mengamankan Apollinaris dan meminta warga tetap tenang.

Berikut 4 fakta Apollinaris Darmawan:

1. Detik-detik penangkapan Apollinaris Darmawan

Penangkapan Apollinaris Darmawan diunggah akun Instagram ndrobeii pada Minggu (9/8/2020). Lokasi yang diketahui di sekitar Jalan Jatayu, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, terlihat ramai didatangi warga. Polisi yang bertugas tampak menenangkan warga yang marah karena ulah Apollinaris.

"Kita jelaskan nanti di kantor, sekarang kita amankan dulu. Tenang, tenang, ya," kata salah seorang polisi yang bertugas.

2. Tindakan Apollinaris Darmawan bikin marah warga

Unggahan Apollinaris Darmawan bikin marah warga sekitar seperti terlihat dalam video di Instagram. Beberapa warga ada yang melontarkan kata-kata kasar pada Apollinaris yang digiring polisi.

"Kamu juga beragama kan, kami tidak pernah menghina agama kamu ya," kata salah seorang pria yang terekam dalam video. Pria lain mempertanyakan tindakan Apollinaris yang mengupload materi terkait Islam.

3. Unggahan Apollinaris Darmawan

Dalam penelusuran detikcom, ada dua akun Twitter yang mengatasnamakan Apollinaris Darmawan yaitu @ApolDarmawan dan @Darmawan220749. Keduanya mengunggah materi yang seolah menghina ajaran, pengikut, semua yang berkaitan dengan Islam.

"Menjelaskan secara terbuka dan beradab bahwa Islam bukan agama, melainkan ajaran sesat yang mendungukan serta membiadabkan umatnya," tulis Apollinaris Darmawan di akun @ApolDarmawan.

Sedangkan di akun @Darmawan220749, pria ini mengklaim ikut mencerdaskan dan mencerahkan bangsa melalui tulisan. Dia juga menyertakan alamat blog yang memuat tulisannya.

4. Apollinaris Darmawan di Instagram

Akun Apollinaris Darmawan ditemukan juga di Instagram dengan nama apolldar dengan 15 postingan. Sama seperti unggahan di Twitter, unggahan di Instagram juga bernada ketidaksukaan pada Islam.

Salah satu unggahan di Instagram adalah tulisan yang berjudul Indonesia baru tanpa Islam. Akun ini memiliki 15 postingan dengan 52 pengikut.

(row/pal)