Round-Up

Saat Istana Minta Tak Ada Gambar Jokowi di Spanduk HUT RI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 07:27 WIB
Logo HUT ke-75 RI (Dok. Setneg)
Foto: Logo HUT ke-75 RI (Dok. Setneg)
Jakarta -

Imbauan mengenai pemasangan baliho dan spanduk peringatan HUT ke-75 RI disampaikan pihak Istana Kepresidenan. Spanduk HUT RI diminta tak memuat foto Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Awalnya beredar foto dan video yang menampilkan spanduk peringatan HUT RI bergambar Presiden Jokowi dipasang di salah satu kementerian. Foto itu disertai narasi bahwa pemasangan spanduk dan baliho dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia diminta untuk tidak menampilkan foto Jokowi.

detikcom kemudian meminta konfirmasi mengenai hal tersebut kepada Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, Minggu (9/8/2020). Heru mengatakan sebaiknya baliho peringatan HUT RI itu memuat gambar lain, bukan gambar Presiden Jokowi.

"Sebaiknya gambar lain," kata Heru.

Jika ada spanduk peringatan HUT RI yang memuat foto Jokowi dan terlanjur dipasang, Heru mengimbau spanduk itu diturunkan. Menurut dia, penurunan spanduk atau baliho yang memuat foto Jokowi itu dilakukan oleh petugas di lembaga dan kementerian terkait.

"Diharapkan demikian," ujar Heru.

Namun Heru tak memberikan alasan pasti mengapa spanduk HUT RI itu diminta tak memuat gambar foto Jokowi. Heru mengatakan lebih baik spanduk tersebut diisi oleh foto lain.

"Sebaiknya yang lain saja seperti pemandangan dan lain-lain," ujar dia.

Tema yang diangkat untuk peringatan HUT ke-75 RI adalah Indonesia Maju. Selain itu, ada juga tambahan logo 'Bangga Buatan Indonesia'.

Tonton video 'Intip Kesiapan Paskibraka 2020 Berlatih dengan Protokol Kesehatan Ketat':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2